Sukses

Bakal Ada Ratusan Pesawat Terbang Hiasi Langit Jakarta, Ini Alasannya

Sebanyak 181 pesawat terbang akan menghiasi langit Jakarta untuk meramaikan HUT ke-79 TNI. Adapun ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 181 pesawat terbang akan menghiasi langit Jakarta untuk meramaikan HUT ke-79 TNI. Adapun ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono.

Dia menuturkan, ratusan pesawat terbang tersebut bukan hanya berasal dari TNI AU saja, melainkan TNI AD dan TNI AL.

"Kita sudah siapkan, dan sudah laporkan juga ke Panglima TNI. Jadi nanti ada 148 pesawat yang akan kita terbangkan, tetapi pelaksanaan operasi rutin tetap berjalan. Jadi nanti ada 148 pesawat, formasinya lagi diatur, kan kita sinkornkan dengan pasukan," kata Tonny di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

"Ditambah nanti di udara 15 helikopter dengan fix wing itu ada dari Angkatan Darat dan 18 pesawat dari Angkatan Laut. Jadi bisa dibayangkan nanti ada 181 pesawat yang akan terbang dalam rangka HUT TNI," sambungnya.

Ratusan pesawat itu akan terbang di Monas, sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Meskipun sempat ingin dilaksanakan hari jadi TNI itu di Surabaya, Jawa Timur.

"Kita ikut perintah terakhir saja, sejauh ini masih direncanakan di Monas. Awalnya kita kemarin di Surabaya, perintah terakhir di Jakarta. Jakarta juga Halim sudah kita siapkan sebagai alternate, Monas juga kita siapkan," ujarnya.

"Kalau Angkatan Udara enggak masalah dimana saja, kita siap. Latihan sudah, parsial di satuan masing-masing, nanti tinggal digabungkan saja," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latihan di Wilayah Masing-masing

Lalu, untuk latihannya itu nantinya bakal dilakukan di wilayah masing-masing. Termasuk di Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur.

Tak hanya pesawat yang akan ikut memeriahkan HUT tersebut. Melainkan juga adanya penerjun payung yang dikoordinir oleh Mabes TNI.

Meski begitu, Angkatan Udara (AU) ditegaskannya siap untuk menerjunkan anggotanya hingga mencapai puluhan personel.

"Latihan parsial di homebase masing-masing. Ada (penerjun), yang koordinir nanti dari Mabes TNI. 50 dari Angkatan Udara, berapa pun kita siap," pungkasnya.

 

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.