Sukses

Wapres Ma’ruf Amin Akan Dampingi Jokowi pada Sidang Kabinet Terakhir di IKN

Ma’ruf akan mulai berkantor di IKN mulai hari ini, Kamis (12/9/2024). Menurut Masduki, Ma’ruf hanya menginap semalam di IKN untuk sidang kabinet, setelahnya Ma’ruf akan kembali berkantor dan kembali ke Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan mengikuti Sidang Kabinet terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Wapres mengikuti sidang kabinet terakhir mendampingi Presiden di IKN," ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi pada wartawan, Kamis (12/9/2024).

Ma’ruf akan mulai berkantor di IKN mulai hari ini, Kamis (12/9/2024). Menurut Masduki, Ma’ruf hanya menginap semalam di IKN untuk sidang kabinet, setelahnya Ma’ruf akan kembali berkantor dan kembali ke Jakarta. "Nginap semalam, setelah itu pulang. Balik ke Jakarta," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Kamis, (12/9). Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Presiden akan langsung menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Agenda Jokowi di istana IKN hari ini memberi pengarahan kepada pejabat TNI Polri Tahun 2024. Jokowi juga akan melakukan groundbreaking di IKN.

"Hari ini, Presiden Jokowi akan kembali berkantor di IKN. Presiden diagendakan untuk melakukan pertemuan dan memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri Tahun 2024 yang akan digelar di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/9/2024).

"Berkantor di Istana dan tetap melakukan Groundbreaking-groundbreaking di IKN termasuk Peresmian Pembangunan yang telah selesai," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Gelar Sidang Kabinet Paripurna di IKN 13 September 2024

Sebelumnya, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengadakan sidang kabinet paripurna di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 13 September mendatang. Seluruh menteri dijadwalkan hadir dalam rapat tersebut.

"Kita tahu bahwa nanti akan ada rencana rapat Kabinet Paripurna di IKN tanggal 13, karena para menteri juga sudah diundang saya dapat informasi, para menteri sudah diundang untuk ikut rapat Kabinet di IKN nanti," kata Hasan Nasbi di Gedung Setneg, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024).

Selain itu, Hasan melanjutkan, bahwa IKN telah siap untuk menerima tamu kenegaraan jika ada yang berkunjung. Menurutnya, sudah ada ruangan untuk tamu negara yang disediakan di IKN.

"Tapi tempat di sana juga sudah bisa untuk menerima tamu negara juga sudah ada, sudah ready gitu, untuk menerima tamu negara. Jadi nggak tertutup kemungkinan untuk itu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Jokowi Tak Berkantor Full di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak berkantor sepenuhnya Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga selesai masa jabatannya. Jokowi menerangkan, ia akan berkunjung ke daerah-daerah namun berangkat dari IKN.

"Nggak, nggak, nggak (full berkantor di IKN), saya muter ke daerah tapi mungkin berangkatnya dari IKN begitu," kata Jokowi.

Kepala negara membeberkan, ia akan berkegiatan seperti rapat dengan menteri, menerima tamu hingga investor ketika berkantor di IKN.

"Ya rapat dengan menteri, menerima tamu tamu seperti biasanya dan juga menemui beberapa investor yang masuk," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini