Sukses

Pakai Pesawat Jet, Menhub Lakukan Uji Coba Pendaratan di Bandara IKN

Yusuf mengatakan, pesawat jet sebagai uji coba ditumpangi langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dia pun memastikan jika uji coba lancar tak ada kendala, maka pesawat kepresidenan selanjutnya bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana memastikan, bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah semakin siap. Hal itu ditandai dengan uji coba pendaratan pesawat jet hari ini.

“Hari ini test landing perdana pesawat jet mendarat di Bandara IKN,” kata Yusuf melalui pesan singkat diterima, Kamis (12/9/2024).

Yusuf mengatakan, pesawat jet sebagai uji coba ditumpangi langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dia pun memastikan jika uji coba lancar tak ada kendala, maka pesawat kepresidenan selanjutnya bisa dilakukan.

“Pesawat (jet) tersebut ditumpangi oleh Menhub. Itu bagian dari test landing sebelum Pesawat Kepresidenan nantinya akan mendarat di Bandara IKN,” Yusuf menandasi.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus memeriksa progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu dilakukan pada Minggu, 8 September 2024.

Dia menyebut sejumlah perkembangan cukup signifikan telah tercapai dalam pembangunan bandara tersebut.

"Pembangunan runway per hari ini telah mencapai 1.975 meter. Ini masih sesuai target kita. Dalam waktu dekat ini akan rampung hingga 2.200 meter," ujar Menhub, dikutip keterangan resmi, Senin (9/9/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditargetkan Beroperasi 12 September 2024

Menhub meyakini, bandara dapat beroperasi pada Kamis, 12 September 2024 meski belum rampung.

“Hari Kamis (dapat beroperasi bandara),” yakin dia.

Diketahui pada akhir Agustus 2024, runway masih baru memiliki panjang 1.025 meter. Pembangunan bandara IKN terus berlangsung cepat meski kondisi cuaca terkadang gerimis dan hujan.

 

3 dari 3 halaman

Terminal VVIP

Selain runway, sejumlah perkembangan pada kawasan bandara telah terlihat. Di antaranya adalah terminal VVIP yang pembangunannya telah mencapai 90,16%, dibanding bulan lalu yang masih 82,6%. Sedangkan untuk terminal VIP telah rampung 77,06%.

Untuk fasilitas penunjang, tower ATC per hari ini telah terbangun 53,71%, gedung administrasi dan operasional sudah terbangun 61,03%, dan Gedung PKP-PK sudah rampung 68,71%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.