Sukses

Menpora Targetkan Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Rampung Oktober

Dito memastikan akan mengawal proses naturalisasi dua calon punggawa Timnas Indonesia di DPR, ia yakin anggota Dewan akan memudahkan proses tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo berharap proses naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa berjalan lancar di DPR.

Alhamdulillah untuk naturalisasi kemarin sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden dan Bapak Presiden harusnya surat itu sudah masuk dikirim mungkin hari ini ke DPR,” kata Dito di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Dito memastikan akan mengawal prosesnya di DPR dan ia yakin Dewan akan memudahkan proses tersebut.

“Kita akan memantau ini kebetulan kita raker di DPR Mungkin setelah ini saya coba cek-cek ke pimpinan DPR apakah sudah disposisi atau belum. Tapi ya pasti saya yakin semangatnya sama juga selama ini Kawan-kawan senior-senior DPR juga selalu proaktif membantu kami di olahraga,” kata dia

Politikus Golkar itu menargetkan agar kedua pemain itu sudah bisa bergabung di Timnas pada bulan Oktober mendatang.

“Kita menargetkan itu bisa di Oktober, tapi targetnya ini kan pasti satu Oktober ada peralihan kepemimpinan di DPR. Semoga ini nanti semangatnya masih sama dan saya yakin pasti masih sama,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Beber Progres Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir membeberkan progres naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia Mees Hilgers dan Eliano Reijnders selepas keberhasilan skuad Garuda menahan imbang Australia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2024) malam WIB.

Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN memaparkan, naturalisasi Hilgers dan Reijnders saat ini sudah mencapai tahap akhir. Tanda tangan Menpora dan Mensesneg telah diperoleh. Sementara itu, tanda tangan Presiden Jokowi diberikan dalam waktu dekat.

Setelahnya, proses bakal berlanjut ke DPR, sehingga harapannya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa ikut memperkuat Timnas Indonesia dalam laga lanjutan putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober mendatang.

"Pak Menpora sudah tanda tangan, Mensesneg sudah tanda tangan. Pak Presiden besok tanda tangan," ucap Erick Thohir selepas pertandingan Timnas Indonesia melawan Australia di SUGBK, sebagaimana dinukil dari laporan Antara yang diunggah Selasa (10/9/2024) malam WIB.

"Nanti tinggal proses di DPR supaya Oktober tanggal 15, mereka bisa memperkuat Indonesia untuk pertandingan di luar negeri, di Bahrain dan di China," sambung Ketum PSSI.

3 dari 3 halaman

Bisa Jadi Bantuan buat Timnas Indonesia

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini masih tertahan di urutan 4 klasemen sementara grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Anak-anak asuh Shin Tae-yong total sudah mengumpulkan 2 poin dari 2 pertandingan, menyusul hasil imbang melawan Arab Saudi dan Australia.

Erick Thohir pun menilai kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders nantinya bisa menjadi bantuan berharaga bagi Timnas Indonesia. Nama pertama bakal menambah kokoh lini pertahanan Merah Putih.

Sementara itu, adik Tijjani Reijnders bisa memberi dorongan dalam counter attack, mengingat dia punya kualitas serba guna lantaran pernah bermain di pos bek kanan, gelandang serang, dan winger kiri.

"Kita banyak bertahan (saat melawan Australia), attack-nya belum maksimal. Mungkinnanti dengan perlu latihan dan penataan pemain seperti Eliano, counter attack-nya bisa lebih bagus lagi," tutur Erick Thohir.

"Kalau Mees Hilgers, saya rasa kekuatan defense kita tambah lagi, jadi ya kita coba perbaiki setiap bulan," sambung pemimpin federasi sepak bola Indonesia, seperti dilansir dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.