Sukses

Komandan TKN Fanta Minta Publik Tak Buruk Sangka ke Gibran soal Fufufafa

Viral akun Kaskus bernama Fufufafa santer dikaitkan dengan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Liputan6.com, Jakarta Viral akun Kaskus bernama Fufufafa santer dikaitkan dengan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Warganet menduga, akun yang salah satu postingannya menyindir Prabowo Subianto dan putranya, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusuo (Didit), itu adalah milik Gibran.

Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta (Pemilih Muda) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Arief Rosyid Hasan, angkat suara terkait akun Fufufafa yang dialamatkan kepada Gibran. Arief meminta publik untuk bijak bersikap. Apalagi hal itu sudah dibantah oleh Gibran.

"Mas Gibran sudah sampaikan kan bahwa itu tidak benar. Ya kita kan mesti tabayun ya. Jadi bangsa ini juga mesti lebih bijak," kata Arief kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/9/2024).

"Begitu Mas Gibran sudah bilang bukan, tentu ya kita harus juga percaya," ucap Arief.

Arief meminta publik tidak terus berprasangka buruk terhadap Gibran Rakabuming Raka, apalagi sampai memfitnah bahwa akun Fufufafa miliknya. Dia pun mengajak publik agar bergerak ke arah yang lebih baik, ketimbang sekadar soal akun lawas. Tujuannya, demi persatuan Indonesia.

"Jadi kita berhentilah, harus selalu bijak pakai medsos. Kita cerna berita positif. Saya kira persatuan Indonesia itu dimulai dari hal kecil seperti itu, saling menghargai, saling menghormati satu sama lain," kata Arief.

Diketahui, Fufufafa belum lama ini trending di media sosial. Viralnya kata Fufufafa merujuk pada akun Kaskus bernama Fufufafa yang diduga milik putra sulung Presiden Jokowi sekaligus Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka.

Adalah aksi netizen yang membongkar bahwa Fufufafa merupakan akun lawas milik Gibran Rakabuming Raka. Cuitan akun tersebut kerap menyerang Prabowo Subianto dan keluarganya. Diketahui, Prabowo merupakan rival sengit Jokowi saat Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menkominfo Sebut Gibran Bukan Pemilik Akun Fufufafa

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi angkat bicara soal user name akun Fufufafa yang sedang trending di media sosial. User name tersebut ramai dikaitkan milik Gibran Rakabuming Raka.

Budi menyatakan pihaknya sudah sejak lama mendalami kasus Fufufafa tersebut. "Itu udah lama, udah lah. Udah (didalami)," kata Budi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Budi menyebut hasil pendalaman Kominfo, Fufufafa bukan akun milik Gibran Rakabuming Raka. "Bukan lah, bukan (Gibran)," ujar Budi.

Meski demikian, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) itu enggan membeberkan siapa orang di balik akun Fufufafa yang disebut kerap menghina Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Menurut Budi, belum waktunya sosok di balik akun Fufufafa dibeberkan ke publik. "Kita enggak tahu, tunggu lagi. Tunggu aja entar ada waktunya untuk kita (beberkan)," ucap Menkominfo.

3 dari 3 halaman

Viral Akun Fufufafa Hina Prabowo dan Keluarganya

Salah satu postingan akun Fufufafa yang disorot ialah menyindir Prabowo Subianto dan Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusuo atau biasa disapa Didit Prabowo, anak semata wayangnya hasil pernikahan dengan Titiek Soeharto. Bahkan, sindiran akun itu dinilai sudah masuk kategori menghina. Beberapa di antaranya yakni;

"Istri cerai, Anak homo, Trus mau lebaran sama siapa?" bunyi salah satu cuitan @fufufafa yang di-screenshot netizen dan diunggah kembali di akun X @ARSIPAJA.

"Tentara pecatan, cerai, anak melambai, pendukungnya radikal, partai koalisi gak all out mendukung," tulis akun Fufufafa.

"Kasihan capres yg anaknya designer homo," tulis akun Fufufafa.

Akun Fufufafa sendiri saat ini tidak lagi ada, diyakini sudah dihapus. Namun, tangkapan layar akun itu masih berseliweran, terutama kata-kata yang menyerang Prabowo, keluarga dan para pendukungnya saat Pilpres 2014 dan 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.