Sukses

Jokowi Minta TNI-Polri Jaga Stabilitas Jelang Pelantikan Presiden

Presiden Jokowi juga meminta TNI-Polri menjaga stabilitas jelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Pelantikan presiden dan wakil presiden akan digelar pada 20 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi juga meminta TNI-Polri menjaga stabilitas jelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Pelantikan presiden dan wakil presiden akan digelar pada 20 Oktober 2024.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi kepada pejabat TNI-Polri di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

"Kita sadar semuanya Oktober bulan depan itu akan ada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, satu bulan lebih sedikit akan ada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," kata Jokowi.

Jokowi meminta TNI-Polri betul-betul menjaga stabilitas saat ini karena setelah pelantikan presiden dan wapres terpilih, akan ada pemilihan Pilkada Serentak pada November 2024.

"Hal-hal yang kecil-kecil segera diselesaikan, jangan menjadi sebuah persoalan yang membesar, segera secepatnya. Sekali lagi, sehingga TNI-Polri harus menjaga betul stabilitas, mendukung penuh transisi pemerintahan agar mulus," ujar Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu mengingatkan agar tidak ada riak-riak yang berpotensi mengganggu pelantikan presiden dan wakil presiden. Dia ingin proses transisi pemerintahan berjalan lancar, tidak ada gangguan keamanan.

"Pemerintahan yang saya pimpin akan dilanjutkan oleh Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto. Pastikan proses transisi ini berjalan baik dan lancar. Jangan sampai ada riak-riak yang berpotensi mengganggu. Juga dukung penuh penyelenggaraan pilkada, jaga netralitas, jaga situasi agar tetap kondusif," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan di IKN, Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden Digelar di Jakarta

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani, mengatakan pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI periode 2024-2029 tidak digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Menurut dia, Prabowo akan dilantik di Gedung MPR-DPR, Senayan, Jakarta pada 20 Oktober 2024.

"Pelantikan (Presiden-Wapres) di Senayan," kata Muzani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Kendati begitu, Muzani mengatakan Prabowo akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024.

Muzani menyebut pimpinan MPR juga akan hadir pada upacara HUT RI di IKN. "Insyallah Pak Prabowo (upacara) ke IKN," jelas Sekjen Partai Gerindra ini.

Muzani belum bisa memastikan apakah semua pimpinan MPR akan mengikuti upacara HUT RI di IKN. Namun, dia memastikan dirinya akan hadir upacara di IKN.

"Ya enggak tahu. nanti yang sempat, saya enggak tahu. Kalau saya insyaallah ke IKN," tutur Muzani.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.