Sukses

Infografis 44 Menteri Dikabarkan Bakal Isi Kabinet Prabowo - Gibran dan Prediksi Kementerian Baru

Jumlah kementerian di Kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dikabarkan bakal bertambah dari semula 34 menjadi sekitar 44. Penambahan dimungkinkan bila Revisi Undang-Undang Kementerian Negara disahkan DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah kementerian di Kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dikabarkan bakal bertambah. Dari semula 34, Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 itu akan menambah menjadi sekitar 44 kementerian.

Penambahan itu memang dimungkinkan. Terutama dengan adanya Revisi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

Sebelumnya saat rapat Panitia Kerja (Panja) Badan Legislasi atau Baleg DPR pada Senin 9 September 2024, disepakati draf final RUU Kementerian Negara dibawa ke rapat paripurna. Bila revisi UU tersebut disahkan, maka presiden mendatang berwenang menetapkan jumlah kementerian sesuai kebutuhan.

Kabar mengenai rencana Prabowo Subianto menambah kursi kabinet menjadi 44 menteri atau pejabat setingkat menteri pun menjadi perhatian publik, terutama pengamat maupun elite politik. Sebab, rencana jumlah kementerian di pemerintahan mendatang menjadi tertinggi sejak era Reformasi.

Respons Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet, misalnya. Bamsoet yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengakui mendengar kabar kabinet Prabowo-Gibran bakal ada 44 kementerian.

"Karena nanti jumlah bertambah dari 34 menjadi 44 ya. Mudah-mudahan kawan kita yang hari ini di DPR berkesempatan untuk menjadi eksekutif, sehingga bisa merasakan dimaki-maki kolega sendiri," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Selasa 10 September 2024.

Pun demikian Zulkifli Hasan atau Zulhas. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan jumlah kementerian di pemerintahan Prabowo Subianto akan bertambah lebih dari 34 kementerian ataupun lembaga.

"Jumlah pastinya berapa belum, tapi penambahan (kementerian) iya," ujar Ketum PAN tersebut di Jakarta, Rabu 11 September 2024.

Zulhas mengakui jumlah penambahan kementerian akan menjadi 44. "Ya mungkin sekitar itu (44)."

Bagaimana prediksi perubahan nomenklatur kementerian di Kabinet Prabowo-Gibran? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis 44 Menteri Dikabarkan Bakal Isi Kabinet Prabowo-Gibran

3 dari 3 halaman

Infografis Prediksi Kementerian Baru di Kabinet Prabowo-Gibran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.