Sukses

Pansel Serahkan 12 Nama Calon Anggota Kompolnas 2024-2028 ke Presiden

Anggota Pansel Kompolnas Edi Saputra Hasibuan mengatakan, belasan nama tersebut telah diserahkan kepada Presiden melalui Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), telah menyerahkan 12 nama kandidat kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Mereka nantinya akan menjabat pada periode 2024-2028.

Anggota Pansel Edi Saputra Hasibuan mengatakan, belasan nama calon telah diserahkan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto.

"Itu betul, tapi untuk nama silakan ditanyakan kepada Pak Menko Polhukam saja. Karena nama-nama sudah disampaikan lewat Pak Menko Polhukam sebagai Ketua Kompolnas untuk disampaikan Presiden," kata Edi saat dihubungi, Jumat (13/9/2024).

Edi menyebut, 12 nama itu diserahkan tim pansel beberapa waktu lalu. Namun, tidak disebutkan secara pasti kapan waktunya.

Kendati demikian, dengan diserahkannya nama-nama tersebut, maka tugas pansel dipastikan sudah selesai.

"Beberapa hari lalu (menyerahkan 12 nama). Tugas kami menyiapkan 12 nama untuk diserahkan ke Presiden, dengan penyerahan ini tugas pansel Kompolnas selesai," pungkas Edi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

24 Peserta Seleksi Kompolnas Lolos Tes Asesmen, Ini Daftarnya

Sebelumnya, Pansel Kompolnas menyatakan, 24 orang dinyatakan lolos tes asesmen dari total 36 peserta yang mengikuti tes tersebut.

"Peserta yang dinyatakan lolos seleksi assessment test berjumlah 24 orang, terdiri atas 17 laki-laki dan tujuh perempuan," Ketua Pansel Kompolnas, Hermawan Sulistyo di Gedung Kompolnas, Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Hermawan menyebutkan 24 peserta yang lolos tersebut berasal dari beragam profesi, di antaranya advokat tiga orang, dosen tujuh orang, jurnalis dua orang, konsultan dua orang, lembaga swadaya masyarakat (LSM) satu orang, wiraswasta dua orang, purnawirawan Polri tiga orang, anggota Kompolnas periode 2020—2024 tiga orang, dan tenaga ahli satu orang.

Seperti dilansir Antara, tes asesmen yang diujikan meliputi problem analysis, LGD (leaderless group discussion), BEI (behavioral interview), dan psikometri. Tes yang berbasis komputer adalah problem analysis dan psikometri.

Berikut 24 nama peserta calon anggota Kompolnas yang lolos tahap tes asesmen.

  1. Albertus Wahyurudhanto (Kompolnas 2020—2024);
  2. Andi Syafrani (advokat);
  3. Apong Herlina (advokat);
  4. Appe Hutauruk (advokat);
  5. Arief Wicaksono Sudiutomo (purnawirawan Polri);
  6. Deni SB Yuherawan (dosen);
  7. Erlinda (tenaga ahli);
  8. Faisal Nurdin Idris (dosen);
  9. Farid Bambang Siswantoro (konsultan);
  10. Fitriana Sidikah Rachman (dosen);
  11. Golda Eksa Radjaguguk (jurnalis);
  12. Gufron (LSM);
  13. Ida Oetari Poernamasari (purnawirawan Polri);
  14. Lince Eppang (jurnalis);
  15. Michael Marcus Iskandar Pohan (wiraswasta);
  16. Mohammad Dawam (Kompolnas 2020—2024);
  17. Muhamad Ikhsan (purnawirawan Polri);
  18. Muhammad Choirul Anam (konsultan);
  19. Mustholih (dosen);
  20. Nico Lieke (wiraswasta);
  21. Raden Indah Pangestu Amantasari (dosen);
  22. Supardi Hamid (dosen);
  23. Y.A. Teiana Ohoiwutun (dosen); dan
  24. Yusuf (Kompolnas 2020—2024).

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini