Sukses

Menkominfo Budi Arie: Transisi Pemerintahan Kali Ini Terbaik Sepanjang Sejarah Indonesia

Menurut Budi Arie, Presiden Jokowi meminta para menterinya untuk menjaga kondusifitas menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Hal itu disampaikan dalam Sidang Kabinet Terakhir yang digelar di IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan, transisi pemerintahan pada akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju ke pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto merupakan yang terbaik sepanjang sejarah Republik Indonesia berdiri.

"Ini transisi pemerintahan terbaik, mulus. Rakyat pun mendukung penuh Prabowo-Gibran yang segera akan memerintah sebagai pelanjut Pak Jokowi," kata Menkominfo Budi Arie Setiadi usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna Terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (12/9/2024).

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin Sidang Kabinet Terakhir di Istana Garuda IKN pada Jumat pagi tadi. Jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri Sidang Kabinet Terakhir tersebut termasuk Prabowo Subianto.

Jokowi menyampaikan sejumlah arahan dalam Sidang Kabinet Terakhir tersebut, salah satunya terkait penyelesaian program utama menjelang 20 Oktober 2024. Presiden juga meminta para menteri di KIM untuk menjaga kondusifitas menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Presiden Jokowi memberi instruksi agar seluruh jajaran KIM mendukung penuh program presiden terpilih dan memastikan transisi pemerintahan berjalan efektif agar pelayanan publik tidak terganggu. Begitu juga regulasi yang dibutuhkan untuk mendukung pemerintah baru perlu dirampungkan segera agar pemerintahan baru bisa langsung bekerja melayani rakyat,” kata Budi Arie.

Sesuai tahapan Pilpres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang atau 37 hari lagi.

“Berbagai arahan yang disampaikan Presiden Jokowi menegaskan adanya transisi yang sangat baik dan mulus antara kepemimpinan beliau menuju kepemimpinan baru yang akan dipimpin oleh presiden terpilih Prabowo Subianto,” ujar Menkominfo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Amankan Transisi Pemerintahan

Budi Arie menegaskan bahwa Prabowo Subianto telah menyatakan komitmennya dalam menuntaskan berbagai program strategis Jokowi, salah satunya pembangunan IKN dan berbagai tantangan bangsa seperti ilegal mining, narkoba dan judi online.

Hal itu juga telah disampaikan Prabowo saat Sidang Kabinet Pertama di Istana Garuda IKN pada Senin, 12 Agustus 2024 lalu.

Bahkan, lanjut Budi Arie, Presiden Jokowi telah meminta TNI dan Polri mengawal proses transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pengarahan pimpinan TNI-Polri di IKN pada Kamis, 12 September 2024 kemarin.

“Presiden Jokowi menyampaikan di hadapan TNI dan Polri bahwa Indonesia tengah berada di titik penting yakni transisi kepemimpinan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta adanya Pilkada. Sehingga peran dan fungsi TNI Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan betul-betul sangat krusial,” ucap Menkominfo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini