Sukses

Ma'ruf Amin: Kita Gembira, Prabowo Akan Lanjutkan Program Pemerintahan Jokowi

Ma'ruf Amin menilai, kinerja kabinet Indonesia Maju sangat baik. Bahkan, tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan saat ini sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pesan usai rapat kabinet paripurna, di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dia berharap, pemerintahan selanjutnya dapat menyelesaikan tugas-tugas yang tertunda.

"Ya, saya kira pesan saya ya buat laporan yang bagus, keberhasilan-keberhasilan kita. Hal-hal yang masih tertunda, dan kemudian juga kita berikan saran-saran kepada pemerintahan yang baru. Supaya ada keberlanjutan kan," kata Ma'ruf di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024).

Saat ditanya, apakah Ma'ruf sempat berbincang-bincang dengan Prabowo Subianto dalam rapat kabinet, dia menyampaikan bahwa Prabowo akan melanjutkan pemerintahan Jokowi sebelumnya. Sehingga, transisi yang akan berlangsung dapat terjadi dengan baik.

"Ya, kita gembira dan beliau juga mengatakan karena dia juga bagian dari pemerintahan yang sekarang dan beliau juga akan melanjutkan. Jadi ini betul-betul akan terjadi proses keberlanjutan hal-hal yang beliau mengikuti apa yang sekarang, apa yang belum tercapai. Sehingga transisinya itu berjalan dengan baik," ujar dia.

Lebih lanjut, Ma'ruf menilai terdapat program-program yang harus diselesaikan sebelum pemerintahan Jokowi berakhir pada 20 Oktober 2024.

"Ya, saya kira hal-hal yang memang sudah semua direncanakan. Semua bidang, ada ekonomi, ada regulasi-regulasi yang masih perlu diselesaikan. Dan semuanya sudah menjadi program yang berjalan. Dan ada hal-hal yang harus dialihkan ke pemerintah yang baru," ucapnya.

Ma'ruf pun menilai, kinerja kabinet Indonesia Maju sangat baik. Bahkan, tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan saat ini sangat tinggi.

"Wah, saya kira sangat gembira lah, karena kerja sama kita bagus, hasil-hasil yang dicapai juga maksimal, dan kepercayaan masyarakat juga tetap tinggi, kepuasan masyarakat, bahwa ada kekurangan-kekurangan saya kira itu pasti ada. Tapi secara keseluruhan, Alhamdulillah berjalan dengan baik," imbuh Ma'ruf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Transisi Wapres, Ma’ruf Amin: Gibran Sudah Pengalaman

Ma'ruf Amin juga menilai, wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka sudah paham tugas yang akan diemban setelah resmi menduduki kursi RI 2. Hal ini disampaikan Ma'ruf menjawab pertanyaan awak media mengenai apakah ada pesan khusus untuk Gibran. 

"Saya kira Gibran sudah ngerti," kata Ma'ruf dalam rekaman yang diterima, dikutip Kamis (12/9/2023). 

Menurut Ma'ruf, Gibran sudah berpengalaman di pemerintahan lantaran pernah menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Sehingga tak perlu ada pesan khusus darinya.

"Dia (Gibran) kan bekas Wali Kota, sudah punya pengalaman," ucap Ma'ruf.

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf Amin akan mengikuti Sidang Kabinet terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Wapres mengikuti sidang kabinet terakhir mendampingi Presiden di IKN," ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, Kamis (12/9/2024).

Ma’ruf akan berkantor di IKN mulai Kamis (12/9/2024). Menurut Masduki, Ma'ruf hanya menginap semalam di IKN untuk sidang kabinet, setelahnya Ma’ruf  akan kembali ke Jakarta.

"Nginap semalam, setelah itu pulang. Balik ke Jakarta," katanya.

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • IKN

Video Terkini