Sukses

UKP Mardiono Dorong Probolinggo Jaga Produktivitas Pertanian dan Kembangkan Sektor Hilirisasi

Muhamad Mardiono mengapresiasi Pemkab Probolinggo, para petani dan nelayannya yang telah berkontribusi meningkatkan sektor pertanian dan perikanan dalam memperkuat ketahanan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (12/9/2024).

Muhamad Mardiono mengapresiasi Pemkab Probolinggo, para petani dan nelayannya yang telah berkontribusi meningkatkan sektor pertanian dan perikanan dalam memperkuat ketahanan pangan.

“Produksi beras di Probolinggo mengalami tren surplus setiap tahunnya. Surplus pangan ini perlu dijaga produktivitasnya dan diperkuat nilai tambahnya, sehingga upaya yang perlu didorong di Kabupaten Probolinggo saat ini selain peningkatan produktivitas adalah pengembangan hilirisasinya,” tutur Muhamad Mardiono.

Dia pun meminta Kabupaten Probolinggo untuk menjaga produktivitas pertanian dan menciptakan nilai tambah agar dapat bersaing menembus pasar ekspor. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengembangkan agroindustri pengolahan hasil pertanian maupun perikanan.

“Surplus pangan ini perlu didorong inovasi pengolahannya agar produk hasil pertanian tidak langsung dijual sebagai bahan baku yang murah. Hasil pertanian perlu masuk ke proses hilirisasi, agar mendapat nilai tambah dan menciptakan peluang ekspor,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ruang Diskusi

Dalam kesempatan ini, Muhamad Mardiono juga membuka ruang diskusi dengan peserta yang hadir meliputi jajaran Pemkab Probolinggo, Kepala Desa, dan pemangku kepentingan lainnya.

Forum diskusi kali ini pun akan menjadi bahan kajian yang hasilnya nanti akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pemikiran dan aspirasi daerah yang sudah saya dapat dari hasil diskusi bersama masyarakat, Pemda, dan lainnya akan kami sampaikan kepada pemerintah sekarang maupun pemerintah periode berikutnya kepada Presiden terpilih Bapak Prabowo yang melanjutkan kepemimpinan nasional,” sambungnya.

3 dari 3 halaman

Apresiasi

Sementara, Pj Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengaku senang dan mengapresiasi kehadiran Muhamad Mardiono. Menurutnya, kehadiran Utusan Khusus Presiden ini dapat memberikan motivasi bagi para peserta diskusi yang hadir.

“Alhamdulillah kita mendapat kunjungan dari UKP RI, tentu ada beberapa poin penting yang sudah disampaikan tadi. Dan itu sangat memotivasi kami dalam rangka menjaga dan meningkatkan apa yang telah kami capai selama ini,” kata Heri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.