Sukses

AHY: Jokowi Minta Jajaran Kabinet Selesaikan Target Sebelum Purna Tugas

AHY mengungkapkan, pesan-pesan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat sidang kabinet paripurna, di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan, pesan-pesan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat sidang kabinet paripurna, di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024).

AHY menyebut, Presiden Jokowi meminta agar seluruh jajaran Kabinet Indonesia Maju dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebelum purna tugas 20 Oktober 2024.

"Bapak Presiden yang meminta kepada seluruh jajaran kabinet, berbagai kementerian, dan lembaga untuk bisa menuntaskan target-target sesuai dengan tugas pokok masing-masing sampai dengan akhir masa kepemimpinan beliau," kata AHY di IKN, Kalimantan Timur, Jumat.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar masa transisi berjalan dengan baik. Sehingga, pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dapat bergerak langsung.

"Sambil tentunya kita mempersiapkan sebuah transisi pemerintahan yang juga bukan hanya mulus tapi bisa segera menjadikan landasan agar segera bisa berlari kencang, bisa bekerja secara fokus, dan membuat Indonesia juga bisa take off," ujar dia.

"Jadi ini adalah pesan yang disampaikan oleh Bapak Presiden," sambungnya.

Selain mendengarkan arahan dari Presiden Jokowi, dalam sidang kabinet paripurna juga mendengarkan sambutan dari Prabowo Subianto.

Prabowo, kata AHY, menegaskan akan melanjutkan segala hal yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi.

"Sekaligus kita juga tadi mendengar yang disampaikan oleh Bapak Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto, yang tentunya dengan semangat ingin melakukan keberlanjutan, utamanya terhadap hal-hal yang sudah baik tadi, capaian-capaian, prestasi-prestasi, dan yang dirasakan tetap relevan, bahkan semakin relevan untuk dijalankan ke depan. Baik dari sisi ekonomi, stabilitas politik, dan lain sebagainya," ungkap AHY.

"Kita berharap Indonesia tentunya bisa terus maju dan masyarakat semakin sejahtera. Kira-kira itulah intisari dari pertemuan tadi," pungkas AHY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ma

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pesan usai rapat kabinet paripurna, di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dia berharap, pemerintahan selanjutnya dapat menyelesaikan tugas-tugas yang tertunda.

"Ya, saya kira pesan saya ya buat laporan yang bagus, keberhasilan-keberhasilan kita. Hal-hal yang masih tertunda, dan kemudian juga kita berikan saran-saran kepada pemerintahan yang baru. Supaya ada keberlanjutan kan," kata Ma'ruf di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024).

Saat ditanya, apakah Ma'ruf sempat berbincang-bincang dengan Prabowo Subianto dalam rapat kabinet, dia menyampaikan bahwa Prabowo akan melanjutkan pemerintahan Jokowi sebelumnya. Sehingga, transisi yang akan berlangsung dapat terjadi dengan baik.

"Ya, kita gembira dan beliau juga mengatakan karena dia juga bagian dari pemerintahan yang sekarang dan beliau juga akan melanjutkan. Jadi ini betul-betul akan terjadi proses keberlanjutan hal-hal yang beliau mengikuti apa yang sekarang, apa yang belum tercapai. Sehingga transisinya itu berjalan dengan baik," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Ma

Lebih lanjut, Ma'ruf menilai terdapat program-program yang harus diselesaikan sebelum pemerintahan Jokowi berakhir pada 20 Oktober 2024.

"Ya, saya kira hal-hal yang memang sudah semua direncanakan. Semua bidang, ada ekonomi, ada regulasi-regulasi yang masih perlu diselesaikan. Dan semuanya sudah menjadi program yang berjalan. Dan ada hal-hal yang harus dialihkan ke pemerintah yang baru," ucapnya.

Ma'ruf pun menilai, kinerja kabinet Indonesia Maju sangat baik. Bahkan, tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan saat ini sangat tinggi.

"Wah, saya kira sangat gembira lah, karena kerja sama kita bagus, hasil-hasil yang dicapai juga maksimal, dan kepercayaan masyarakat juga tetap tinggi, kepuasan masyarakat, bahwa ada kekurangan-kekurangan saya kira itu pasti ada. Tapi secara keseluruhan, Alhamdulillah berjalan dengan baik," imbuh Ma'ruf.

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.