Sukses

Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Bali hingga Lombok

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Bali ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 4,4 mengguncang Bali dan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 09.31 WITA, Sabtu, (14/9/2024).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 9,02° Lintang Selatan; 115,62° Bujur Timur.

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 50 kilometer Tenggara Kuta Selatan, Bali, pada kedalaman 85 kilometer," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi di Mataram, Sabtu, (14/9/2024).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," katanya seperti dikutip dari Antara.

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, skala II - III MMI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Laporan Dampak Kerusakan

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu di Gianyar, Badung, Denpasar, dan di Karangasem skala II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.