Sukses

Golkar Siap Sumbang Calon Menteri untuk Kabinet Prabowo-Gibran: Kita Punya Spek Segala Macam

Dave mengaku tidak mau ambil pusing soal jumlah kementerian di kabinet Prabowo-Gibran. Sebab hal itu menjadi hak prerogatif presiden terpilih, dan partainya aka mengikuti arahan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Partai Golkar, Dave Laksono angkat suara soal pemilihan para menteri yang akan bekerja di kabinet Prabowo-Gibran. Menurut dia, partainya sudah siap dengan segudang kadernya yang mumpuni.

“Golkar ini gudangnya kader terbukti berkali-kali bahwa kita memiliki kader dengan spek segala macam,” kata Dave di Markas Kosgoro 1957, Jakarta Selatan, seperti dikutip Sabtu (14/9/2024).

“Jadi tinggal Pak Prabowo menentukan siapa, kita akan memiliki kadernya. Jadi arah pemerintahan itu ada di tangan Pak Prabowo,” imbuh Dave.

Dave mengaku tidak mau ambil pusing soal jumlah kementerian di kabinet Prabowo-Gibran. Sebab hal itu menjadi hak prerogatif presiden terpilih, dan partainya aka mengikuti arahan tersebut.

“Apakah 44, 41, 42, atau tetap 34 itu kita serahkan sepenuhnya kepada Presiden. Karena dia (Prabowo) yang akan menentukan pemerintahannya seperti apa, dia yang akan menilai apa yang beliau butuhkan untuk di masing-masing sektor agar pembangunan secara masif itu berjalan dengan secara optimal,” jelas Dave.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siap Kawal Pemerintahan Prabowo-Gibran

Sebagai kader, Dave tidak ingin mendikte presiden terpilih untuk memilih sosok-sosok yang ada di Partai Golkar. Dia menegaskan, tugas partai pengusung hanya menyanggupi untuk menjalankan tugas jika diamanahkan.

“Presiden RI itu tidak bisa didikte dan dipaksa. Kita harus menyerahkan dan membuktikan kepada para pemimpin kita bahwa kader-kader kita itu sanggup dan mampu untuk menjalankan fungsi-fungsinya,” tegas Dave.

“Untuk kebutuhan apa kita siap untuk kementerian apa kita ada. Mau yang seperti apa, yang inginnya kayak gimana, kita siap,” sambung dia menandasi.

 

3 dari 3 halaman

Kabar Penambahan Kementerian

Sebagai informasi, Jumlah kementerian di Kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dikabarkan bakal bertambah. Dari semula 34, Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 itu akan menambah menjadi sekitar 44 kementerian.

Penambahan itu memang dimungkinkan. Terutama dengan adanya Revisi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Jumlah kementerian di Kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dikabarkan bakal bertambah. 

Dari semula 34, Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 itu akan menambah menjadi sekitar 44 kementerian.

Penambahan itu memang dimungkinkan. Terutama dengan adanya Revisi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini