Sukses

Bupati Ipuk Fiestiandani Serahkan Insentif untuk 14 Ribu Lebih Guru Ngaji di Banyuwangi

Tahun 2024 ini Pemkab Banyuwangi mengalokasikan anggaran sekitar Rp9,88 miliar untuk insentif guru ngaji. Program ini sudah berlangsung sejak 2011.

Liputan6.com, Banyuwangi Sebanyak 14.119 orang guru ngaji menerima insentif dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Secara simbolis bantuan insentif senilai Rp700 ribu per orang diserahkan Bupati Ipuk Fiestiandani pada acara Peringatan Maulid Nabi yang turut dihadiri ribuan guru ngaji di Pantai Marina Boom, Banyuwangi, Sabtu (14/9/2024).

Tahun 2024 ini Pemkab Banyuwangi mengalokasikan anggaran sekitar Rp9,88 miliar untuk insentif guru ngaji. Program ini  sudah berlangsung sejak 2011.

Menurut Ipuk, guru gaji menjadi ujung tombak bagi pembelajaran Al-qur'an, pendidikan, serta pengembangan karakter dan akhlak anak bangsa.

"Dengan nilai-nilai religius yang masih sangat kental di Indonesia, guru ngaji menjadi panutan, serta pendidik. Mereka berperan besar mengembangkan karakter serta akhlak anak-anak yang kelak menjadi tulang punggung Indonesia," kata Ipuk.

 

Ipuk menjelaskan bahwa pemkab tahun ini juga telah memberikan insentif kepada guru rohani semua agama. Mereka adalah para pengajar di lembaga-lembaga pendidikan non-formal keagamaan. Seperti sekolah minggu di gereja dan sebagainya. Sasarannya meliputi agama Hindu, Budha, Kristen, Katolik dan Konghucu.

"Harapan kami, ini akan memberikan stimulus semangat untuk memperkuat kerohanian dan spiritualitas di kalangan anak-anak yang menempuh pendidikan," kata Ipuk.

 

Insentif yang diterima ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi guru ngaji, salah satunya adalah Viera Salsabiela Rachman dari TPQ Al Ansori Kabat. 

"Insentif ini saya akan gunakan untuk beli buku belajar, kartu nabi-nabi, dan games lainnya supaya mereka belajar agama dengan bermain," kata Viera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerima Insentif Terus Meningkat

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Yusdi Irawan mengatakan penerima insentif pada tahun 2024 sebanyak 14.119 orang guru ngaji, jumlahnya sama dengan tahun sebelumnya. 

Sebelumnya, pada tahun 2021 tercatat 12.373 guru ngaji dan pada tahun 2022 bertambah menjadi 13.489 guru ngaji.

"Guru ngaji yang mendapatkan insentif adalah mereka yang mengasuh minimal 10 anak didik. Penerimaannya kami lakukan secara non-tunai," kata Yusdi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini