Sukses

18.000 Tiket Whoosh Terjual Hari Ini Jelang Libur Panjang Maulid Nabi

Penumpang kereta cepat Whoosh mengalami lonjakan saat momentum libur panjang Maulid Nabi yang jatuh pada Senin 16 September 2024, khususnya untuk keberangkatan dari Stasiun Halim menuju Bandung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Penumpang kereta cepat Whoosh mengalami lonjakan saat momentum libur panjang Maulid Nabi yang jatuh pada Senin 16 September 2024, khususnya untuk keberangkatan dari Stasiun Halim menuju Bandung, Jawa Barat.

Sekitar 18.000 tiket Whoosh telah terjual untuk keberangkatan pada hari ini, Minggu (15/9/2024).

"Jumlah tersebut akan terus meningkat karena penjualan tiket masih terus berlangsung. KCIC memprediksi volume penumpang dapat mencapai lebih dari 20.000 untuk keberangkatan hari ini," kata Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa dikutip dari siaran persnya, Minggu (15/9/2024).

Adapun pada libur panjang akhir pekan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad KCIC mengoperasikan 48 perjalanan Whoosh Setiap harinya.

Total ketersediaan tempat duduk sebanyak 115.392 untuk perjalanan Whoosh masa long weekend mulai 13 hingga 16 September 2024.

Hingga kini, volume penumpang tertinggi terjadi pada Sabtu,14 September 2024 dengan total tiket terjual sekitar 23.500. Mayoritas tiket yang dibeli untuk keberangkatan dari Stasiun Halim Jakarta.

"Terpantau seluruh tiket untuk jadwal kereta pertama pukul 06.40 sampai dengan kereta terakhir pukul 20.30 terjual seluruhnya," ujar Eva.

KCIC mengimbau kepada masyarakat yang ingin membeli tiket kereta Whoosh agar melakukan transaksi melalui jalur online.

Tiket Kereta Cepat Whoosh bisa didapatkan secara online melalui kanal resmi seperti aplikasi Whoosh, situs resmi hingga aplikasi mitra seperti KAI Access, Livin Mandiri, Brimo hingga BNI Mobile.

"Namun demikian penjualan tiket juga tetap dapat dilakukan melalui loket dan Ticket Vending Machine (TVM) di Stasiun," tutur Eva.

"Adapun bagi masyarakat yang bertransaksi melalui aplikasi Whoosh, penumpang dapat memanfaatkan berbagai kemudahan, salah satunya adalah fasilitas pembatalan dan ubah jadwal secara online," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libur Panjang, 191 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan bahwa sebanyak 191.954 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 menjelang libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada Jumat, 13 September 2024.

"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung)," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, dikutip dari Antara, Sabtu 14 September 2024.

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 19,27 persen jika dibandingkan lalin normal," sambung dia.

Untuk realisasi distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 95.266 kendaraan (49,63 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 56.013 kendaraan (29,18 persen) menuju arah Barat (Merak) dan 40.675 kendaraan (21,19 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Lalin kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 50.602 kendaraan, naik sebesar 54,32 persen dari lalin normal.

 

3 dari 4 halaman

Arus Lalu Lintas Selanjutnya

Kemudian lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 44.664 kendaraan, naik sebesar 14,55 persen dari lalin normal.

Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 95.266 kendaraan, naik sebesar 32,72 persen dari lalin normal.

Sedangkan Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 56.013 kendaraan, naik sebesar 11,05 persen dari lalin normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 40.675 kendaraan, naik sebesar 5,05 persen dari lalin normal.

Lisye Octaviana menjelaskan, prediksi puncak lalu lintas tertinggi akan terjadi pada hari ini Sabtu, 14 September 2024, sebesar 183.963 kendaraan atau naik 10,4 persen terhadap normal.

 

4 dari 4 halaman

Imbauan Jasa Marga

Jasa Marga terus memastikan layanan operasional jalan tol Jasa Marga Group pada masa libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW berjalan optimal.

Yang menjadi perhatian utama yaitu ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang, di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk arah Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, gunakan rest area untuk beristirahat jika lelah berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.