Sukses

DPR RI-Parlemen Uzbekistan Gelar Pertemuan Bilateral, Ini yang Dibahas

Dalam pertemuan itu, Ibas juga mendorong agar Uzbekistan terus mendukung secara penuh kemerdekaan bangsa Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Grup Kerjasama Bilateral Indonesia (GKSB) dari DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Uzbekistan untuk bertemu dengan Oliy Majlis, Parlemen Uzbekistan di Tashkent, Uzbekistan, 11 - 14 september 2024.

Pada kesempatan itu, Grup Kerjasama Bilateral Indonesia-Uzbekistan yang diketuai Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dari Fraksi Partai Demokrat, bersama anggota GKSB lainnya melakukan pertemuan bilateral dengan Head of friendship group Uzbekistan-Indonesia, Erkin Salikhov sebagai ketua delegasi dan beberapa anggota Parlemen lainnya.

Pertama, Ibas menyampaikan terima kasih karena diberikan kesempatan melakukan pertemuan bilateral ke Uzbekistan. Padahal, parlemen Uzbekistan sedang sibuk-sibuknya karena akan memasuki Pemilu Legislatif yang tinggal beberapa bulan lagi.

“Saya paham ini mungkin waktu yang sibuk, tapi saya yakin Pemilu akan berjalan dengan lancar dan damai,” kata Ibas melalui keterangannya pada Minggu, 15 September 2024.

Kata Ibas, Indonesia juga akan memulai bab baru di bawah kepemimpinan Presiden terpilih periode 2024-2029, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Menurut dia, Indonesia berkomitmen untuk mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

“Kami percaya bahwa pemerintahan baru akan menfokuskan pertumbuhan ekonomi berkeadilan sekaligus memastikan seluruh elemen masyarakat mendapatkan manfaat dan menjaga lingkungan sehat cerdas sejahtera untuk generasi masa depan," kata dia.

“Demikian dengan pemilu Uzbekistan mendatang juga akan menghadirkan momen penting untuk membentuk jalan bangsa menuju kesejahteraan yang lebih besar. Kami berharap kolaborasi antara negara kita, antar parlemen Indonesia dan Uzbekistan terus harmonis dan lebih erat menuju tujuan kehidupan bersama tentang kesejahteraan, kesetaraan, dan keberlanjutan,” ujarnya.

Bagi Indonesia, kata Ibas, Uzbekistan adalah mitra strategis penting. Sebagai bangsa terbanyak penduduknya di Asia Tengah, Uzbekistan memiliki cadangan besar gas alam, minyak bumi dan batu bara.

“Lebih luas, Asia Tengah memiliki potensi yang berlimpah terkait sumber daya alam dan secara geografis terletak di lokasi yang strategis. Sehingga merupakan pemain kunci dalam membentuk global landscape politik dan ekonomi dunia,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi Uzbekistan Pemimpin Kunci di Wilayah

Secara sejarah, Ibas menjelaskan wilayah ini terkenal sebagai jantung jalan sutra ‘Silk Road’ dan Uzbekistan telah berperan penting dalam membina daerah terintegrasi. Ibas mengakui kepemimpinan Uzbekistan memulai banyak proyek, yang dimaksudkan untuk mempromosikan konektivitas wilayah dan integrasi melalui trans-regional inisiatif.

“Ini menunjukkan posisi Uzbekistan sebagai pemimpin kunci di wilayah, berkontribusi secara signifikan terhadap stabilitas secara keseluruhan dan perkembangan wilayah,” ucapnya.

Di sisi lain, kata Ibas, Indonesia berdiri sebagai negara terbanyak keempat di dunia dan ekonomi terbesar di ASEAN. Dengan penduduk lebih dari 280 juta, Indonesia menghadirkan pertumbuhan yang luas dan miliki pasar konsumen yang strategis.

“Upaya pemerintah dalam menciptakan pekerjaan, peningkatan arus perdagangan dan mendorong daya tarik investasi asing (FDI). Lebih lanjut, membantu pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat Indonesia,” kata Ibas.

Selain itu, lanjut Ibas, Indonesia diproyeksikan menambah lebih dari 75 juta orang ke kelas menengah pada 2030. Dengan kelas menengah 130 juta orang, Indonesia memiliki potensi menjadi pasar yang besar.

"Melampaui Rusia dan Jepang pada akhir dekade ini, hanya terjadi di belakang daratan Cina, India, dan Amerika Serikat," sebutnya.

Singkatnya, kata Ibas, Indonesia berfungsi sebagai pintu gerbang menuju ASEAN berjumlah 680 juta orang dan bertindak sebagai hub untuk pasar regional dan internasional.

"Dengan 35 perjanjian perdagangan, termasuk ekonomi komprehensif daerah kemitraan (RCEP)-pakta perdagangan terbesar mencakup perekonomian utama seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Australia- Indonesia memainkan peran penting di global perdagangan,” ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Kerjsama dari Sisi Pariwisata

Tak hanya perdagangan, Ibas juga mengapresiasi peningkatan kerjasama antar Indonesia - Uzbekistan dari sisi pariwisata, transportasi maupun pendidikan dan budaya.

"Saya senang kerjasama bilateral kedua negara kita terus berjalan baik dan ini harus terus kita tingkatkan. Saya harap ke depan kita dapat terus pererat hubungan kerjasama ini melalui konektivitas people to people," kata dia.

Terlebih Uzbekistan Airways telah terbang 2 kali ke Jakarta dari Tashkent. Hal ini semakin mempermudah impor - ekspor kedua negara dalam mendukung pengiriman logistik. Termasuk juga akan semakin meningkatnya wisatawan antardua negara.

"Bahkan jika perlu, ada rute penerbangan langsung Uzbekistan - Bali atau rute daerah wisata lainnya di Indonesia, "ucapnya.

Kemudian, Ibas juga menekankan pentingnya demokrasi dan kebaikan tata kelola pemerintahan yang transparan. Ia mendukung sepenuhnya Pemilu Parlemen di Uzbekistan, karena sangat penting untuk mewujudkan demokrasi yang sejati, mempromosikan tata kelola yang baik, dan menegakkan hak asasi manusia (HAM).

“Khususnya parlemen kita adalah siap berkolaborasi dengan Uzbekistan, untuk memperkuat proses demokrasi dan penguatan struktur tata kelola ‘good governance,’ kata dia.

"Saya percaya Uzbekistan dan Indonesia berbagi prinsip demokrasi yang umum, dengan mayoritas penduduk kami Muslim. Kedua bangsa juga sangat menjangkau rasa hormat untuk masyarakat multikultural, mengakui ini sebagai aset sosial yang vital,” dia menjelaskan.

Karena itu, ia berharap kedua negara dapat meningkatkan kesadaran dan memperkuat upaya, bersama keinginan politik, untuk dialog tentang promosi moderat Islam. Tentunya, ini akan mendorong toleransi terhadap kebebasan politik maupun sosial dan perlindungan hak budaya.

“Kami percaya demokrasi yang bervariasi dan definisi yang berkembang, memainkan peran penting dalam menjamin kesetaraan, keberagaman, keadilan, kebebasan, partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas kepada masyarakat,” jelas dia.

 

4 dari 4 halaman

Transparansi dan Integritas Kunci Hasil Pemilu Punya Legitimasi

Selanjutnya, Ibas menyebut unsur-unsur ini membuat pemerintah lebih efektif dalam membina perdamaian, keamanan, dan stabilitas dalam masyarakat, dan membuka potensi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bagi semua.

“Transparansi dan integritas pemilu adalah kunci untuk memastikan bahwa pemenang mendapatkan legitimasi dan dukungan dari para pemilih,” pungkasnya.

Dalam pertemuan itu, Ibas juga mendorong agar Uzbekistan terus mendukung secara penuh kemerdekaan bangsa Palestina.

"Kita harus terus berjuang untuk kebenaran serta keadilan akan hak dan kemanusiaan dan posisi ini tidak akan berubah di masa depan, sampai kita melihat hak-hak bangsa Palestina dipenuhi dan kita melihat kemerdekaan Palestina terwujud," tutupnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil ketua BKSAP, Putu Supadma Rudana, Anggota Delegasi GKSB, Hinca LP Pandjaitan, I Komang Koheri, Bahtra, Agung Budi Santoso, Dimyati Natakusumah, Hamid Noor Yasin Sturman Panjaitan.

Selain itu, Lasmi Indaryani, Irwan, Andi Akmal Pasluddin, Rezka Oktoberia, Hanna Gayatri, Muhamad Arwani Thomafi.

Lalu Deputy Speaker Uzbekistan, Zukhra Ibragimova, Tojiev Odiljon, Khayrillo Gapporov, Dilorom Fayzieva, Head of International relation committee, Nuriddin Sultonov, Member Parliament, Islom Khushvaktov, Odina Otakhonova.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.