Sukses

Infografis Kaesang Pangarep Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi, Kronologi Versi Jubir dan Inisial Y

Kedatangan Kaesang Pangarep ke KPK untuk klarifikasi mengenai keberangkatan bersama istri, Erina Gudono, ke AS. Nama Kaesang menjadi sorotan, karena dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK kedatangan tamu. Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Kaesang Pangarep menyambangi gedung lama KPK di Jalan HR Rasuna Said Kavling C1, Jakarta Selatan.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu tak datang sendiri. Kaesang turut didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Raja Juli Antoni, Francine Widjojo selaku juru bicara, dan Nasrulllah dari tim kuasa hukum Kaesang.

Kedatangan Kaesang ke gedung lembaga antirasuah itu untuk klarifikasi mengenai keberangkatan bersama istri, Erina Gudono, ke Amerika Serikat (AS) pada 18 Agustus 2024 yang memakai jet pribadi. Nama Kaesang menjadi sorotan karena dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi.

Kaesang menekankan dirinya bukan seorang penyelenggara negara dan pejabat. Dengan demikian, kedatangannya sebatas mengklarifikasi.

"Saya mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," ujar Kaesang, Selasa 17 September 2024.

Usai klarifikasi Kaesang, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengungkap inisial nama teman dari Ketum PSI tersebut yang berkaitan penggunaan jet pribadi. "Inisial Y."

Kendati demikian, Pahala memastikan pihaknya akan mempelajari dokumen dan keterangan yang disampaikan Kaesang, termasuk bila perlu mengonfirmasi sosok Y. KPK pun akan menelaah klarifikasi Kaesang selama 30 hari ke depan.

Bahkan, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK itu optimistis penelaahan tersebut dapat diselesaikan lebih cepat, yakni 3 hingga 4 hari.

Bukan hanya klarifikasi Kaesang kepada KPK. Francine Widjojo selaku juru bicara atau jubir Kaesang turut menjelaskan kronologi penggunaan jet pribadi yang ditumpangi Ketum PSI ke AS. Seperti apa kronologinya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Kaesang Pangarep Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

3 dari 3 halaman

Infografis Kronologi Penggunaan Jet Pribadi Versi Jubir Kaesang dan Inisial Y

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.