Sukses

Sisa 20 Hari, Pramono Yakin Jokowi Tak Tunjuk Seskab Definitif

Pramono tak mempersoalkan apabila nantinya Jokowi menunjuk Seskab definitif. Termasuk, apabila Seskab definitif bukan berasal dari PDI Perjuangan (PDIP).

Liputan6.com, Jakarta - Pramono Anung meyakini Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menunjuk Sekretaris Kabinet (Seskab) definitif penggantinya. Pasalnya, kata dia, masa pemerintahan Jokowi tersisa 20 hari saja.

Jokowi sendiri telah menunjuk Menteri Sekretaris Negara, Pratikno sebagai Plt Seskab. Pramono menilai Pratikno akan menggantikan tugasnya hingga masa jabatan Jokowi berakhir 20 Oktober 2024.

"Ini kan tinggal 20 hari dari sekarang dan saya yakin lah karena Plt-nya sudah ditunjuk, maka Plt yang akan menyelesaikan ini," kata Pramono kepada wartawan usai menghadiri acara perpisahan bersama pegawai Setkab di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (20/9/2024).

Kendati begitu, Pramono tak mempersoalkan apabila nantinya Jokowi menunjuk Seskab definitif. Termasuk, apabila Seskab definitif bukan berasal dari PDI Perjuangan (PDIP).

"Oh, enggak apa-apa," ujar Politisi PDIP itu.

Disisi lain, dia menuturkan komunikasinya dengan Jokowi tetap baik dan terbuka. Hal ini tak berubah saat hubungan Jokowi dan PDI Perjuangan (PDIP) sedang tidak baik.

"Saya mempunyai hubungan yang sangat baik dengan Presiden maupun Wakil Presiden bahkan ketika hubungan beliau dengan partai yang dekat dengan saya ada perbedaan, saya tetap menjalin komunikasi dengan baik dan terbuka," tutur Pramono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pramono Minta Pengunduran Diri Disetujui pada 22 September 2024

Pramono menyampaikan dirinya memang meminta kepada Jokowi agar pengunduran dirinya disetujui pada 22 September 2024. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan calon yang berlaga pada Pilkada 2024 pada 22 September.

"Karena tanggal 22 September ini kan hari penetapan, saya tidak mau ketika sudah ditetapkan menjadi beban di kantor ini," ucap dia.

Seperti diketahui, Pramono Anung maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta 2024 bersama Rano Karno. Pramono dan Rano Karno diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP).

 

3 dari 3 halaman

Teken Keppres

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani keputusan presiden (keppres) pemberhentian Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet. Jokowi mengatakan sosok Seskab definitif pengganti Pramono Anung saat ini masih dalam proses.

"Iya, sudah saya tandatangani (keppresnya)," kata Jokowi kepada wartawan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024).

"Masih, masih dalam proses (Seskab definitif), masih dalam proses," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.