Sukses

Berkat Inovasi Digital Pelayanan Publik, Pemkab Penajam Paser Utara Raih Penghargaan Merdeka Awards 2024

Pemkab Penajam Paser Utara memiliki SIPENCET RAPB, yaitu aplikasi milik Rumah Sakit Umum Daerah Aji Putri Botung yang mempermudah masyarakat dalam melakukan pendaftaran online.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Penajam Kalimantan Timur meraih penghargaan dalam ajang Merdeka Awards 2024 untuk kategori Program Kolaborasi Berbasis Teknologi. Penghargaan ini berhasil didapatkan berkat keberhasilan pemerintah kabupaten dalam melakukan digitalisasi pelayanan publik.

Penghargaan diterima oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Penajam Paser Utara, Herlambang, yang diberikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Budi Arie Setiadi.

Herlambang mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan oleh merdeka.com sangat berharga bagi Kabupaten Penajam Paser Utara.

Salah satu program unggulan yang dikembangkan adalah SIPENCET RAPB, yaitu aplikasi milik Rumah Sakit Umum Daerah Aji Putri Botung yang mempermudah masyarakat dalam melakukan pendaftaran online, sehingga tidak perlu lagi datang ke rumah sakit dan mengantre.

“Aplikasi SIPENCET itu aplikasi untuk memudahkan pelayanan di pendaftaran di rumah sakit, sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang, menunggu, lalu kemudian sampai dipanggil," jelas Herlambang dalam pidato singkatnya seperti dikutip dari Merdeka.com

Herlambang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga menargetkan digitalisasi di seluruh desa untuk mempercepat pelayanan publik dan mendukung pengembangan ekonomi masyarakat. Portal Satu Data juga menjadi salah satu program andalan, sebagai platform digital yang mengelola dan membagikan data pemerintah secara terpusat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merdeka Awards Jadi Motivasi Pemda untuk Lanjutkan Inovasi

Herlambang berharap penghargaan ini dapat menjadi dorongan untuk terus melanjutkan inovasi dan perbaikan pelayanan publik di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Penghargaan ini merupakan semangat bagi kami untuk memperbaiki dan terus melanjutkan hal-hal yang baik," tuturnya.

Merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan Merdeka Awards 2024 pada Kamis 19 September 2024, di Auditorium SCTV Tower, Lantai 8, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat. Acara ini juga dapat disaksikan melalui layanan streaming di Vidio dan akun media sosial merdeka.com pada 26 September 2024.

Merdeka Awards adalah Inspirasi Indonesia. Sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun 2024 adalah keempat kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan ini.

Dalam sambutannya, Pemimpin Redaksi merdeka.com Darojatun mengatakan sebagai well respected check and balances institutions, media arus utama seharusnya tetap ada karena perannya yang tidak tergantikan oleh medium lain sebagai pilar keempat demokrasi.

"Republik ini tidak akan ada lagi di masa depan bila media dibiarkan berguguran. Semoga kesadaran mendasar bahwa Merdeka.com adalah salah satu dari media mainstream yang tengah berada di persimpangan itu pada akhirnya memberikan apresiasi maksimal publik terhadap ajang pemberian award sejenis yang digagas oleh para tokoh intelektual awak tim editorial," kata Darojatun.

Acara Merdeka Awards 2024 telah dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Corporate Secretary SCM Gilang Iskandar, CEO KLY Steve Christian, Direktur Konten KLY Wenseslaus Manggut dan Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian Jekvy Hendra. Selain itu hadir juga sejumlah kepala daerah baik dari provinsi dan kabupaten/kota.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini