Sukses

Berhasil Kembangkan Digitalisasi, Pemprov Kalsel Terima Penghargaan Merdeka Awards 2024

Kepala Dinas Kominfo Pemprov Kalsel, Muhammad Muslimmengatakan, penghargaan tersebut memberikan semangat dan motivasi pemerintah khususnya Kalimantan Selatan untuk meningkatkan program-program yang dijalankan.

Liputan6.com, Jakarta Berhasil mengubah layanan publik menjadi serba digital dan memudahkan masyarakatnya. Itulah penilaian untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang berhasil menyabet penghargaan Merdeka Awards 2024 untuk kategori Program Kolaborasi Berbasis Teknologi. Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Kominfo Pemprov Kalsel, Muhammad Muslim yang diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Budi Arie Setiadi pada Kamis (19/9) dalam acara Merdeka Awards di SCTV Tower, Jakarta.

Muhammad Muslim mengatakan, penghargaan tersebut memberikan semangat dan motivasi pemerintah khususnya Kalimantan Selatan untuk meningkatkan program-program yang dijalankan.

"Ini merupakan sebuah semangat dan motivasi luar biasa untuk meningkatkan bagaimana pelayanan publik yang ada di Kalimantan Selatan terintegrasi dengan sebuah sistem yang lebih efisien dalam melakukan secara digital, juga bagaimana kinerja pemerintah yang dipantau secara digital," ucap Muslim pada acara Merdeka Awards.

Dia menekankan bahwa pemanfaatan digital di bidang pendidikan, rumah sakit, ekonomi, perizinan, dan lainnya pada saat ini merupakan satu upaya yang sangat penting dalam program-program yang dijalankan.

"Tentu menjadi upaya kami untuk meningkatkan agar pelayanan publik yang lebih baik dengan memanfaatkan digital yang kini sedang betul-betul menjadi tool bagi kita untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kalimantan Selatan,” tambah Muslim dalam pidato singkatnya.

Program-program yang dijalankan Pemprov Kalimantan Selatan di antaranya, Aplikasi Sistem Rujukan Terintegrasi (Sisrute), yaitu sistem informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan terpadu berbasis informasi teknologi dalam meningkatkan kinerja fasilitas pelayanan kesehatan untuk mempercepat proses rujukan sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi.

Selain itu terdapat Program LAPOR PAMAN, di mana program aplikasi ini disediakan untuk masyarakat Kalsel lebih mudah menyampaikan berbagai keluhan yang dirasa mengganggu kenyamanan masyarakat. Dengan berbagai program digaungkan, Muslim berharap digitalisasi akan semakin meningkatkan efisiensi dalam pelayanan publik di Kalimantan Selatan.

Penghargaan Bagi Mereka yang Memberikan Sumbangsih Kemajuan Negeri

Merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan Merdeka Awards 2024 pada Kamis 19 September 2024, di Auditorium SCTV Tower, Lantai 8, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat. Acara ini juga dapat disaksikan melalui layanan streaming di Vidio dan akun media sosial merdeka.com pada 26 September 2024.

Merdeka Awards adalah Inspirasi Indonesia. Sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun 2024 adalah keempat kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan ini.

"Sebagai well respected check and balances institutions, media arus utama seharusnya tetap ada karena perannya yang tidak tergantikan oleh medium lain sebagai pilar keempat demokrasi. Republik ini tidak akan ada lagi di masa depan bila media dibiarkan berguguran. Semoga kesadaran mendasar bahwa Merdeka.com adalah salah satu dari media mainstream yang tengah berada di persimpangan itu pada akhirnya memberikan apresiasi maksimal publik terhadap ajang pemberian award sejenis yang digagas oleh para tokoh intelektual awak tim editorial," kata Pemimpin Redaksi merdeka.com Darojatun dalam sambutannya.

Acara Merdeka Awards 2024 telah dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Corporate Secretary SCM Gilang Iskandar, CEO KLY Steve Christian, Direktur Konten KLY Wenseslaus Manggut dan Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian Jekvy Hendra. Selain itu hadir juga sejumlah kepala daerah baik dari provinsi dan kabupaten/kota.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.