Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Rabu 25 September 2024: Mayoritas Wilayah Berawan Sepanjang Hari

Pada Rabu (25/9/2024), Sebagian besar kota di Indonesia diprediksi akan mengalami cuaca berawan sepanjang hari.

Liputan6.com, Jakarta Pada Rabu (25/9/2024), sebagian besar kota di Indonesia diprediksi akan mengalami cuaca berawan sepanjang hari. Di wilayah seperti Banda Aceh, Denpasar, dan Pangkal Pinang, langit berawan diperkirakan terjadi sejak pagi hingga malam hari. Demikianlah prakiraan cuaca Indonesia hari ini.

Berdasarkan laporan cuaca yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Indonesia sebagiannya diprediksi cerah, berawan, cerah berawan, berawan tebal, hujan ringan, dan kabut.

Beberapa wilayah juga diperkirakan akan diguyur hujan ringan, terutama di Jakarta Pusat, Bengkulu, dan Yogyakarta pada siang atau malam hari. Manokwari bahkan diprediksi akan mengalami hujan petir pada malam hari. Bandung dan Palembang juga akan mengalami hujan ringan di malam hari.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Berawan  Berawan Tebal  Berawan
 Denpasar  Berawan  Berawan  Berawan
 Serang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Bengkulu  Berawan Tebal  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Yogyakarta   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Gorontalo   Berawan  Berawan Tebal  Cerah Berawan
 Jambi   Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Bandung   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Semarang   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Surabaya   Cerah Berawan  Berawan  Berawan Tebal
 Pontianak   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Banjarmasin   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Palangkaraya  Hujan Ringan  Cerah Berawan  Berawan Tebal
 Samarinda  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Tarakan   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Pangkal Pinang  Berawan  Berawan  Berawan
 Tanjung Pinang   Cerah  Hujan Ringan  Berawan
 Bandar Lampung  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Ambon   Berawan  Berawan  Berawan
 Ternate   Cerah Berawan   Berawan  Cerah Berawan
 Mataram   Berawan  Berawan Tebal  Berawan
 Kupang   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Kota Jayapura  Hujan Ringan  Berawan  Berawan
 Manokwari   Kabut  Cerah Berawan  Hujan Petir
 Pekanbaru   Berawan Tebal  Berawan  Berawan Tebal
 Mamuju   Kabut  Berawan Tebal  Hujan Ringan
 Makassar   Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kendari   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Manado    Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Padang   Kabut  Hujan Ringan  Berawan Tebal 
 Palembang  Berawan Tebal  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Medan   Berawan Tebal  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolaborasi untuk Aksi Iklim lewat ICCEF 2024

Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) turut ambil bagian dalam acara Indonesia Climate Change Expo & Conference (ICCEF) 2024 yang diselenggarakan di Balikpapan pada 20-22 September 2024.

Acara ini mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi, hingga masyarakat umum untuk bersama-sama membahas tantangan lingkungan yang mendesak.

Tahun ini, tema acara berfokus pada “Kegiatan Industrialisasi Berkelanjutan dan Gaya Hidup dalam Perubahan Iklim untuk Lintas Generasi”. Kegiatan ini diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kota Balikpapan.

Ruandha Agung Sugardiman selaku Ketua Harian I Tim Kerja Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, mengatakan bahwa pemerintah Republik Indonesia memiliki ambisi menciptakan dan mengembangkan NCDs (Nationally Determined Contributions) yang kedua. Target ambisi tersebut tidak mungkin terjadi tanpa kolaborasi dan kerja keras semua pihak.

"Target Second NDCIndonesia itu dapat dicapai dengan kerja sama dan peran aktif pemangku kebijakan, pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta komunitas peduli lingkungan, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, pers, hingga para generasi muda," ujarnya.

Sebagai partisipan booth di acara ini, IBCSD, dengan dukungan dari APRIL Group, menampilkan inisiatif-inisiatif berkelanjutan bisnis yang relevan dengan tema acara. Stan IBCSD menampilkan solusi-solusi inovatif dari sektor bisnis yang mendukung upaya Indonesia dalam menurunkan emisi dan mempromosikan praktik keberlanjutan.

Amal Fatullah Randy, Deputy Head of Community Development APRIL Group, menekankan komitmen APRIL dalam mendukung masyarakat menghadapi perubahan iklim melalui program-program berbasis komunitas, seperti Program Kampung Iklim (Proklim) dan Program Desa Bebas Api.

Aloysius Wiratmo, Program Developmentand External Engagement Manager IBCSD,menambahkan bahwa keterlibatan sektor bisnis dalam upaya keberlanjutan sangatlah krusial. IBCSD, sebagai organisasi yang mewakili kepentingan bisnis, terus mendorong terciptanya kolaborasi lintas sektor dalam mencapai target-target nasional terkait perubahan iklim.

"Kolaborasi lintas sektor menjadi kunci dalam mengatasi tantangan besar seperti perubahan iklim. IBCSD selaku asosiasi bisnis terus berupaya memfasilitasi sektor bisnis untuk turut serta dalam diskusi dan aksi nyata menuju pencapaian target FOLU Net Sink 2030 dan tujuan pembangunan berkelanjutan lainnya. Kami sangat antusias dapat berpartisipasi dalam ICCEF 2024 ini dan menunjukkan kontribusi konkret sektor bisnis bagi lingkungan," ujar Aloysius.

Indonesia Climate Change Expo & Conference 2024 di Kalimantan Timur diharapkan mampumenjadi pendorong bagi peningkatan kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan komunitas di tingkat daerah untuk bersama-sama mewujudkan masa depan yang berkelanjutan dan tahan terhadap dampak perubahan iklim.

3 dari 3 halaman

Riset Ungkap Masyarakat Indonesia Tidak Percaya Adanya Krisis Iklim

Center for Digital Society (CfDS) mengungkap riset bahwa ada sebagian masyarakat yang masih tidak percaya dengan adanya krisis iklim. Itu sebabnya strategi untuk memberantas misinformasi krisis iklim harus dilakukan sedini mungkin.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mencanangkan berbagai kebijakan dan strategi untuk mengatasi krisis iklim. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih belum sepenuhnya menaruh perhatian pada isu ini. Bahkan muncul kelompok-kelompok penentang yang mempercayai konspirasi asal muasal dan penyebab krisis iklim.

Padahal dampak krisis iklim sudah mulai dirasakan di tengah masyarakat seperti kegagalan panen, kekeringan, kenaikan suhu bumi, dan masalah lainnya timbul akibat aktivitas manusia yang menghasilkan karbon secara terus menerus.

"Riset dari CfDS itu menemukan 24,2% dari responden percaya bahwa krisis iklim itu buatan elite global. Mereka ini disebut climate change denier atau kelompok yang menolak mempercayai krisis iklim," ujar Dosen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM, Novi Kurnia dilansir laman UGM.ac.id.

Berdasarkan riset tersebut, 98 persen misinformasi ditemukan berasal dari media sosial. Jumlah ini terdiri dari bermacam-macam bentuk misinformasi, seperti konten hoaks, parodi, kesalahan konteks, sampai konten palsu.

Ditemukan 57,7% merupakan false connection atau kesalahan informasi terkait krisis iklim. Meskipun sebagian besar responden mampu memilah misinformasi krisis iklim, namun hanya 20 persen yang mampu menyangkal kembali segala bentuk misinformasi.

"Indonesia termasuk tinggi populasi yang tergolong climate change denier ini, karena mereka juga yang menyebarkan misinformasi. Mumpung pertumbuhannya masih belum banyak, justru harus segera dilawan," Novi menambahkan.

Menurutnya, persebaran informasi seputar krisis iklim memang belum populer di masyarakat, riset pun harus dilakukan dengan menganalisis informasi yang sudah terverifikasi sebagai hoaks oleh fact-checker. Tapi potensi persebaran misinformasi tentu akan meningkat jika publik mulai menaruh perhatian pada isu krisis iklim. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.