Sukses

5 Pernyataan Prabowo Hadiri Rapat Kerja Terakhir sebagai Menhan di Komisi I DPR

Menteri Pertahanan atau Menhan Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada hari ini, Rabu (25/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan atau Menhan Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada hari ini, Rabu (25/9/2024).

Sebelum menghadiri Rapat Kerja, ada sejumlah hal yang disampaikan Prabowo. Salah satunya, Presiden Terpilih RI itu berkomitmen untuk menciptakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat dan menghapus kemiskinan di Indonesia.

Salah satu caranya dengan melanjutkan program hilirisasi yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prabowo mengatakan, dirinya telah menerima mandat dengan tekad menegakan keadilan dan hukum demi kepentingan seluruh kalangan di Tanah Air.

"Saya telah menerima mandat dari rakyat Indonesia dengan tujuan terutama untuk menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia, untuk menghilangkan korupsi dari bumi Indonesia, untuk menjaga dan mengamankan kekayaan seluruh rakyat Indonesia, untuk bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia dan tidak hanya segelintir orang-orang Indonesia," ujar Prabowo Subianto dalam sebuah video dikutip dari akun Instagram @prabowo_sekuarga, Selasa 24 September 2024.

Guna mencapai tujuan itu, Prabowo bertekad melanjutkan program hilirisasi kekayaan sumber daya alam di Tanah Air. Sehingga seluruh anak Indonesia bisa merasakan makanan bergizi setiap hari.

"Bersama-sama kita akan melaksanakan hilirisasi, yaitu kekayaan Indonesia harus diolah di Indonesia, kekayaan kita harus diurus sebaik-baiknya, anak-anak kita harus makan dengan bergizi tiap hari," terang Prabowo.

Berikut sederet pernyataan Prabowo Subianto jelang hadiri rapat terakhir sebagai Menhan di Komisi I DPR pada hari ini, Rabu (25/9/2024) dihimpun Tim News Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pastikan Bekerja untuk Rakyat

Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta kadernya meninggalkan dirinya jika ia berada di jalan yang tidak benar. Prabowo pun berjanji bakal membela kehormatan bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Prabowo Subianto saat diklat anggota DPR terpilih Partai Gerindra periode 2024-2029 melalui cuplikan video yang diunggah akun X @Gerindra, dilihat Selasa 24 September 2024. Awalnya Prabowo menyampaikan terima kasih kepada kader Gerindra yang sudah setia sampai saat ini.

"Terima kasih saudara-saudara, pejuang-pejuang, kalian ujung tombak. Terima kasih sekali lagi atas kesetiaan saudara-saudara," kata Prabowo.

Menteri Pertahanan itu menyebut bekerja untuk rakyat adalah hal yang mulia. Dia meminta kader Partai Gerindra untuk mendukungnya selama di jalan yang benar.

"Ingat, berbakti, bekerja untuk rakyat kita itu mulia. Kita berada di jalan yang benar, kita tegak lurus, kesetiaan kita kepada rakyat, kepada bangsa Indonesia," ucap Prabowo.

"Saya minta saudara-saudara jangan setia kepada saya sebagai individu. Selama saya memperjuangkan yang benar, saya minta saudara mendukung saya," sambungnya.

Namun, Prabowo berpesan para kader untuk tidak sungkan meninggalkannya begitu ia melenceng dari jalur yang benar. Prabowo pun bersumpah untuk terus memperjuangkan kebenaran.

"Begitu kau mencium saya berada di jalan yang tidak benar, silakan tinggalkan saya. Hidup saya, sumpah saya, saya ingin mati di atas kebenaran, saya ingin mati membela rakyat saya, saya ingin mati membela orang miskin, saya ingin mati membela kehormatan bangsa Indonesia, saya tidak ragu-ragu," ucap mantan Danjen Kopassus itu.

 

3 dari 6 halaman

2. Komitmen Lanjutkan Hilirisasi

Prabowo pun berkomitmen untuk menciptakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat dan menghapus kemiskinan di Indonesia. Salah satu caranya dengan melanjutkan program hilirisasi yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai presiden terpilih, Prabowo Subianto mengatakan, dirinya telah menerima mandat dengan tekad menegakan keadilan dan hukum demi kepentingan seluruh kalangan di Tanah Air.

"Saya telah menerima mandat dari rakyat Indonesia dengan tujuan terutama untuk menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia, untuk menghilangkan korupsi dari bumi Indonesia, untuk menjaga dan mengamankan kekayaan seluruh rakyat Indonesia, untuk bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia dan tidak hanya segelintir orang-orang Indonesia," ujar Prabowo dalam sebuah video dikutip dari akun Instagram @prabowo_sekuarga, Selasa 24 September 2024.

Guna mencapai tujuan itu, Prabowo bertekad melanjutkan program hilirisasi kekayaan sumber daya alam di Tanah Air. Sehingga seluruh anak Indonesia bisa merasakan makanan bergizi setiap hari.

"Bersama-sama kita akan melaksanakan hilirisasi, yaitu kekayaan Indonesia harus diolah di Indonesia, kekayaan kita harus diurus sebaik-baiknya, anak-anak kita harus makan dengan bergizi tiap hari," ungkapnya.

Namun begitu, ia menilai pemerintah tidak bisa bekerja sendirian dalam melaksanakan hilirisasi. Oleh karenanya, Prabowo meminta bantuan semua pihak guna menyukseskan program tersebut.

"Hal ini semua membutuhkan kerjasama yang baik, dan kita menjamin kehidupan rakyat kita lebih baik, lebih sejahtera, lebih adil, tidak boleh lagi ada kemiskinan di bumi Indonesia," terang Prabowo.

 

4 dari 6 halaman

3. Akan Hadiri Rapat Terakhir sebagai Menhan di Komisi I DPR Hari Ini, Rabu 25 September 2024

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan menghadiri Rapat Kerja bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) hari ini, Rabu (25/9/2024).

Kehadirian Prabowo Subianto adalah yang pertama kali usai sekian lama absen dari rapat Komisi I.

"Insyaallah (datang)," kata Anggota Komisi I DPR Dave Laksono saat dikonfirmasi.

Berdasarkan informasi yang diterima, agenda raker hari ini adalah Raker Komisi I DPR RI dengan Menteri Pertahanan (Menhan), Menteri Luar Negeri (Menlu), dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dalam rangka pembicaraan tingkat I terhadap 5 RUU Kerjasama Bidang Pertahanan, dengan acara pembicaraan tingkat I/pengambilan keputusan.

Menurut Dave, rapat hari ini juga adalah rapat terkahir Prabowo sebagai Menhan bersama DPR periode 2019-2024. "Iya (rapat) terakhir, kan minggu depan DPR baru sudah dilantik," kata Dave.

 

5 dari 6 halaman

4. Bakal Jalankan Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk 52 Juta Masyarakat di 2025

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan bahwa pada pemerintahan Prabowo Subianto bakal menjalankan program pemeriksaan kesehatan gratis. Pada tahun 2025 rencananya bakal ada 52 juta penduduk yang mendapatkan pemeriksaan gratis.

"Ada rencana pemeriksaan gratis, targetnya untuk 52 juta penduduk," kata Hasan Nasbi dalam acara media workshop bersama BPJS Kesehatan di Jakarta Pusat pada Rabu (25/9/2024).

Rencananya pemeriksaan kesehatan tersebut berlangsung dari 2025-2029 dengan target bisa menjangkau 220 juta warga. Pada tahun depan diprioritaskan untuk yang berusia 50 tahun ke atas.

"Untuk 2025 itu diprioritaskan untuk orang usia di atas 50 tahun. Targetnya 52 juta yang medical check-up," kata Hasan.

 

6 dari 6 halaman

5. Siapkan Anggaran Rp3,3 Triliun untuk Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Dalam pemeriksaan kesehatan di pemerintahan Prabowo, Hasan mengatakan bahwa salah satunya untuk menemukan pasien tuberkulosis mengingat prevalensi TBC di Indonesia tertinggi nomor dua di dunia.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga meliputi tekanan darah hingga gula darah. "Nanti masyarakat akan diperiksa secara rutin soal tensi, gula darah," kata Hasan.

Hasan mengatakan bahwa dengan adanya program kesehatan gratis untuk mendeteksi dini masalah kesehatan sehingga bisa mengurangi angka kuratif atau pengobatan.

Hasan mengaku belum mengetahui secara pasti mengenai skema pembayaran pemeriksaan gratis tersebut.

"Saya tidak tahu secara presisi apakah BPJS Kesehatan jadi bagian ini atau disalurkan dengan cara lain," lanjut pria yang juga sempat menjadi juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.