Sukses

Tekan Kasus DBD, Dinkes Jakarta Mulai Sebar Telur Nyamuk Wolbachia pada 4 Oktober 2024

Pemprov DKI Jakarta akan mulai meluncurkan program pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di Kembangan, Jakbar. Wilayah tersebut dipilih karena angka kasus DBD di Jakbar menjadi yang tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meluncurkan program pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar). Pelepasan telur nyamuk Wolbachia ini akan dilakukan pada 4 Oktober 2024.

"Implementasi nyamuk ber-Wolbachia rencana rilis akan kita lakukan pada tanggal 4 Oktober," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (26/9/2024).

Acara peluncuran ini akan dilaksanakan di RW 07 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Pelepasan nyamuk ber-Wolbachia menjadi salah satu langkah inovatif dalam upaya pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta.

Ani menyampaikan, bakteri Wolbachia ini mampu menghambat infeksi virus Dengue, sehingga dapat menurunkan risiko penularan penyakit DBD di masyarakat.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang metode Wolbachia dan penerapannya," kata Ani.

Jakbar menjadi wilayah awal di DKI yang diprioritaskan untuk penerapan teknologi ini. Pasalnya, angka kasus DBD di Jakbar menjadi yang tertinggi. Menurut Ani, pihaknya menargetkan total ada 1.474 ember nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia bisa disebar di Jakbar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajak Warga Pantau Kembang Biak Nyamuk Wolbachia

Lebih lanjut, Ani bilang untuk memantau perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia diperlukan Orang Tua Asuh (OTA).

Oleh sebab itu, dia mengajak masyarakat berpartisipasi aktif mendukung program ini sebagai OTA yang mau dititipkan ember berisi telur nyamuk ber-Wolbachia.

"Tentu ada pendampingan dari kami agar masyarakat memahami cara-cara perkembangbiakan jentik dan memantau keberhasilannya," ungkap Ani.

 

3 dari 3 halaman

Dievaluasi Tiap 6 Pekan

Dinkes DKI Jakarta akan melakukan monitoring dan evaluasi setiap enam minggu sekali sejak pelepasan telur nyamuk. Ditargetkan pada 2025, program pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia telah dilakukan pada seluruh kecamatan di Jakbar.

Adapun indikator keberhasilan program ditunjukkan dari populasi nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia yang lebih banyak dari nyamuk Aedes Aegypti biasa di lingkungan tersebut.

"Indikator keberhasilannya populasi nyamuk ber-wolbachia minimal 60 persen dari populasi Aedes yang ada di lingkungan. Dampak keberhasilan program baru akan dirasakan setelah 2 tahun," ujar Ani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini