Sukses

Kelola Ekosistem Terumbu Karang, Strategi PNM Tumbuhkan Ekonomi Pesisir

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary mengatakan, dampak dari hadirnya terumbu karang yang sehat akan berimbas pada lingkungan dan ekonomi masyarakat pesisir yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap ekosistem laut.

Liputan6.com, Jakarta PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menunjukan keseriusannya untuk menciptakan kehidupan laut dan pesisir yang lebih baik.

Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah dengan melakukan penanaman dan pengelolaan ekosistem terumbu karang.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary mengatakan, dampak dari hadirnya terumbu karang yang sehat akan berimbas pada lingkungan dan ekonomi masyarakat pesisir yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap ekosistem laut.

Karena itu, dia berharap program konservasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan memanfaatkan peluang ekonomi di dalamnya secara bijak.

"Terumbu karang yang sehat membuat jumlah ikan berlimpah, artinya masyarakat pesisir bisa menjual lebih banyak dan dapat menambah penghasilan," ungkap Dodot, Kamis (26/9/2024).

Bukan hanya itu, terumbu karang juga dapat dijadikan sebagai perhiasan sebagai variasi produk usaha unggulan.

Kemudian, bisa menjadi destinasi wisata bawah laut sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sektor pariwisata.

Namun, diperlukan kesadaran yang tinggi baik oleh masyarakat pesisir maupun wisatawan dalam menjaganya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Bisa Lebih Maju

Dodot meyakini dengan kondisi laut yang sehat Indonesia bisa semakin maju. Akan tetapi, tentu perlu dukungan dan kolaborasi berbagai pihak dalam pengembangannya.

"Sektor kelautan ini krusial bagi Indonesia apalagi kita sebagai negara kepulauan, sehingga perlu kolaborasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. PNM akan terus berupaya menyajikan program berkelanjutan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir," tambahnya.

Terumbu karang memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir yang sehat. Dengan menanam terumbu karang PNM berharap dapat mendukung pengelolaan laut secara berkelanjutan, mendorong terciptanya lapangan pekerjaan serta mendukung ekonomi lokal melalui ekowisata. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini