Sukses

Tuding Gibran Pemilik Akun Fufufafa, Roy Suryo Dilaporkan Relawan Jokowi ke Polisi

Relawan Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam Pasukan Bawah Tanah (Pasbata) Jokowi melaporkan Roy Suryo ke Bareskrim Polri atas dugaan menyebarkan berita bohong.

Liputan6.com, Jakarta Relawan Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam Pasukan Bawah Tanah (Pasbata) Jokowi melaporkan Roy Suryo ke Bareskrim Polri atas dugaan menyebarkan berita bohong.

Adapun yang dilaporkan berkaitan pernyataan Roy Suryo yang menyebut pemilik akun Fufufafa 99 persen adalah milik putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Sekretaris Jenderal Pasbata, Sri Kuntoro mengatakan, pernyataan Roy Suryo membuat gaduh dan tak memiliki bukti.

"Dalam waktu pergantian Presiden dan Presiden baru kita sebagai anak bangsa sangat risau, harusnya Bapak Jokowi landing dengan smooth, diganggu-ganggu dan juga Mas Gibran selaku Wakil Presiden yang sudah jelas dipilih oleh rakyat 58 persen," tegas dia di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

"Tentunya ini kita seharusnya sebagai anak bangsa dan Roy Suryo adalah senior yang baik, memberikan contoh yang baik bukan membuat gaduh," sambungnya.

Sri menuturkan, aduannya ke Polri itu pun diterima sebagai aduan masyarakat dengan melampirkan sejumlah bukti. Namun, Budianto enggan untuk membeberkan bukti yang dimaksud.

"Untuk bukti ada beberapa tapi untuk penyampaian di media saya belum bisa menyampaikan tapi yang jelas bukti-bukti sudah kita sampaikan," katanya.

Meski demikian, Sri meminta Roy Suryo untuk membuktikan bahwa akun Fufufafa adalah Gibran dalam kurun waktu 1x24 jam.

"Saya minta dia untuk bisa membuktikan 1x24 jam bukti-bukti apa yang bisa dia sampaikan, sehingga dia bisa menyampaikan hal tersebut karena ini membuat kita resah, gelisah," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menkominfo Budi Arie: Pemilik Akun Fufufafa Bukan Gibran Rakabuming Raka

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi angkat bicara soal user name di akun Fufufafa yang sedang trending di media sosial.

User name tersebut dikaitkan dengan akun milik Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka, di salah satu platform media sosial.

Menurut Budi, pihaknya sudah sejak lama mendalami kasus fufufafa tersebut. “Itu udah lama, udah lah. Udah (didalami),” kata Budi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024). 

Budi menyebut hasil pendalaman Kominfo, fufufafa bukan akun milik Gibran. “Bukan lah, bukan (Gibran),” kata dia.

Meski demikian, Budi enggan membeberkan siapa orang dibalik akun fufufafa yang disebut kerap menghina Presiden terpilih Prabowo Subianto itu.

Menurutnya, belum waktunya ia membeberkan sosok dibalik akuj  fufufafa. “Kita enggak tau, tunggu lagi. Tunggu aja entar ada waktunya untuk kita (beberkan),” pungkasnya. 

3 dari 3 halaman

Istana: Belum Pasti Punya Gibran

Staf Khusus Presiden, Grace Natalie, menanggapi soal akun Kaskus bernama Fufufafa berisi hinaan kepada keluarga Prabowo Subianto yang diduga akun lawas milik wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Grace menilai akun Fufufafa belum tentu milik Gibran.

"Kan belum pasti ya, enggak tahu punya beliau atau enggak," kata Grace di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9/2024).

 Grace menekankan akun tersebut harus ditelusuri terlebih dahulu, apakah benar milik putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu atau bukan.

"(Harus) dipastikan dulu (siapa pemilik akun)," ujar Grace Natalie.

Kata 'Fufufafa' sedang trending di media sosial sejak awal pekan ini. Viralnya kata Fufufafa merujuk pada akun Kaskus bernama Fufufafa yang diduga milik putra sulung Presiden Jokowi sekaligus Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka.

Adalah aksi netizen yang membongkar bahwa Fufufafa adalah akun lawas milik Gibran Rakabuming Raka. Cuitan akun tersebut kerap menyerang Prabowo Subianto dan keluarganya. Diketahui, Prabowo merupakan rival sengit Jokowi saat Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini