Sukses

Jokowi dan Prabowo Saksikan Sailing Pass Kapal Perang TNI AL dari Atas KRI

Prabowo duduk di sebelah kanan Jokowi. Pameran sailing pass itu berlangsung sekitar 30 menit. Usai pameran, Jokowi dan Prabowo menyaksikan hiburan dari atas KRI RJW-992.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto menyaksikan pameran sailing pass kapal perang milik TNI AL dari atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992), Sabtu (28/9/2024). Keduanya duduk bersampingan melihat parade berbagai jenis kapal perang yang dimiliki TNI.

Momen ini berlangsung usai Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyematkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada Jokowi di Markas Komando Lintas Laut Militer, Jakarta Utara. Prabowo juga hadir dalam acara ini.

Setelah itu, KRI RJW-992 berlayar menuju Teluk Jakarta. Selama perjalanan, Jokowi, Prabowo, serta tamu undangan lain disuguhkan dengan parade sailing pass dan flying pass milik TNI.

Prabowo duduk di sebelah kanan Jokowi. Pameran sailing pass itu berlangsung sekitar 30 menit. Usai pameran, Jokowi dan Prabowo menyaksikan hiburan dari atas KRI RJW-992.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana di Markas Komando Lintas Laut Militer, Jakarta Utara, Sabtu (28/9/2024). Brevet tersebut disematkan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dari atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992).

Berdasarkan pantaun Liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi pukul 07.45 WIB, dengan mengenakan jaket bewarna hitam. Panglima TNI pun langsung menyematkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana di dada sebelah kanan Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Tanda Kehormatan

Setelah itu, Jokowi menganugerahkan Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha kepada Komandan Satuan Kapal Selam Kolonel Yulius. Tanda kehormatan ini diberikan kepada kesatuan TNI yang telah berjasa dalam suatu operasi militer dan pembangunan untuk pertahanan negara dan bangsa.

Jokowi lalu berdialog dengan perwakilan keluarga KRI Nanggala 402 yang tenggelam pada tahun 2021. KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992) yang membawa Jokowi lalu berlayar menuju Teluk Jakarta.

Sebagai informasi, Brevet Hiu Kencana merupakan lambang kehormatan bagi Satuan Kapal Selam di TNI AL. Penyematan Brevet Hiu Kencana ini bermula dari adanya kegiatan rutin pengangkatan warga kehormatan kapal selam pada 1959.

Sejumlah pejabat negara telah menyandang Brevet yang sama. Mulai dari, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Mantan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hingga Ketua DPR Puan Maharani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto