Sukses

Top 3 News: Gedung Bakamla RI Kebakaran, Api Meluas di Bagian Atap

Kebakaran terjadi di Gedung Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu 29 September 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di Gedung Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu 29 September 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Berdasarkan tangkapan gambar yang beredar, api meluas di bagian atap gedung. Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyampaikan, peristiwa kebakaran Gedung Bakamla itu terjadi sekitar pukul 06.20 WIB, Minggu pagi 29 September 2024.

Sementara itu, wacana pertemuan antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri terus bergulir jelang agenda pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Meski sudah lama bergulir, namun hingga kini belum jelas kapan dan di mana pertemuan Prabowo dan Megawati itu akan berlangsung.

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Indonesia, Arifki Chaniago menilai wajar jika Prabowo sebagai presiden terpilih ingin menggaet PDIP melalui Megawati Soekarnoputri untuk masuk ke pemerintahannya.

Menurut dia, masuknya PDIP ke pemerintahan Prabowo tentu bakal menambah kekuatan politik, terutama di parlemen. Sebab posisi PDIP sebagai pemenang Pileg 2024, punya kekuatan yang dominan untuk menjadi oposisi yang kritis terhadap pemerintah.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Majelis Permusyawaratan Rakyat Rakyat Indonesia (MPR RI) telah resmi mencabut Ketetapan atau TAP MPR Nomor II/MPR/2001 tentang Pertanggungjawaban Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dengan demikian, TAP MPR tersebut sudah resmi tak berlaku lagi.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, keputusan pencabutan itu merupakan kesepakatan rapat gabungan MPR dengan pimpinan fraksi kelompok DPD pada tanggal 23 September 2024.

Turut hadir pada acara pada Minggu 29 September 2024 yakni istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid bersama keempat putri Gus Dur yakni Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, Alissa Qotrunnada Munawaroh, Inayah Wulandari, dan Anita Hayatunnufus.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 29 September 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gedung Bakamla RI Kebakaran, Api Meluas di Bagian Atap

Kebakaran terjadi di Gedung Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan tangkapan gambar yang beredar, api meluas di bagian atap gedung.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyampaikan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.20 WIB pagi ini, Minggu 29 September 2024.

"Benar Gedung Bakamla (kebakaran). Waktu tiba petugas 06.25 WIB, waktu mulai operasi 06.27 WIB," tutur Satriadi kepada Liputan6.com terkait peristiwa kebakaran Gedung Bakamla RI.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Pengamat Sebut PDIP Sudah Terbukti Bisa Jadi Oposisi yang Kuat, Wajar Prabowo Dekati Megawati

Wacana pertemuan antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri terus bergulir jelang agenda pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Meski sudah lama bergulir, namun hingga kini belum jelas kapan dan di mana pertemuan Prabowo dan Megawati itu akan berlangsung.

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Indonesia, Arifki Chaniago menilai wajar jika Prabowo sebagai presiden terpilih ingin menggaet PDIP melalui Megawati untuk masuk ke pemerintahannya.

Menurut dia, masuknya PDIP ke pemerintahan Prabowo tentu bakal menambah kekuatan politik, terutama di parlemen. Sebab posisi PDIP sebagai pemenang Pileg 2024, punya kekuatan yang dominan untuk menjadi oposisi yang kritis terhadap pemerintah. 

"PDIP tentu punya daya tawar politik untuk masuk ke pemerintahan baru dan berada di luar kekuasaan. PDIP pernah teruji sebagai opsisi yang kritis di era pemerintahan SBY. Tak menutup kemungkinan hal itu terjadi lagi di era Praboowo, jika PDIP memilih sikap sebagai oposisi total," kata Arifki seperti dikutip dari siaran pers, Minggu 29 September 2024.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Sinta Nuriyah Wahid dan Keluarga Resmi Terima Surat Pencabutan TAP MPR, Pulihkan Nama Baik Gus Dur

Majelis Permusyawaratan Rakyat Rakyat Indonesia (MPR RI) telah resmi mencabut Ketetapan atau TAP MPR Nomor II/MPR/2001 tentang Pertanggungjawaban Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dengan demikian, TAP MPR tersebut sudah resmi tak berlaku lagi.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, keputusan pencabutan itu merupakan kesepakatan rapat gabungan MPR dengan pimpinan fraksi kelompok DPD pada tanggal 23 September 2024.

"Menegaskan Ketetapan MPR Nomor II/MPR/2001 tentang Pertanggungjawaban Presiden RI KH Abdurrahman Wahid saat ini kedudukan hukumnya tidak berlaku lagi," kata Bamsoet dalam silahrurahmi kebangsaan MPR bersama Keluarga Gus Dur, Minggu 29 September 2024.

Turut hadir pada acara hari ini, Minggu (29/9/2024) yakni istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid bersama keempat putri Gus Dur yakni Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, Alissa Qotrunnada Munawaroh, Inayah Wulandari, dan Anita Hayatunnufus.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.