Sukses

Kaesang Guyon Akan Beri Hadiah Private Jet ke Kader PSI yang Serius Menangkan Ridwan Kamil

Guyon itu disampaikan saat Kaesang hendak memberikan hadiah kepada para kadernya yang serius mau mendukung pemenangan pasangan calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep guyon soal private jet kepada kadernya, saat kopi darat wilayah (kopdarwil) di Jakarta Utara, Minggu (29/9/2024).

Guyon itu disampaikan saat Kaesang hendak memberikan hadiah kepada para kadernya yang serius mau mendukung pemenangan pasangan calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

“Kalau semuanya semangat untuk memenangkan Pak Ridwan Kamil dan Pak Suswono saya ada hadiah, hadiahnya sangat menarik! sangat mahal! hadiahnya mewah, mintanya sepeda? saya tadi mau kasih private jet,” canda Kaesang kepada para kadernya seperti dikutip Senin (30/9/2024).

Kaesang optimis, nantinya pasangan RIDO bisa menang. Selanjutnya, menjadi tugas PSI yang terpilih menjadi anggota dewan di DPRD Jakarta untuk terus memberi masukan, kritik dan saran positif kepada RIDO untuk Jakarta yang lebih baik.

“Saya juga pesan kepada delapan anggota legislatif terpilih, tetap setia mengawal ketika Pak Ridwan Kamil dan Pak Suswono memimpin Jakarta nantinya. Tetap kritis, gak apa-apa. Saya kira Pak Ridwan Kamil senang kalau kita kritisi setiap hari,” jelas Kaesang. 

“Saya mengajak semua, sekali lagi mengajak seluruh kabar PSI untuk bisa memenangkan Pak Ridwan Kamil dan Pak Suswono,” imbuh Kaesang memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Isu Jet Pribadi Kaesang

Sebagai informasi, saat ini Kaesang tengah dikaitkan dengan isu gratifikasi saat menggunakan private jet ke Amerika Serikat bersama sang istri. Dia mengaku, private jet digunakan bukanlah gratifikasi karena sifatnya hanya nebeng.

“Penggunaan pesawat itu (jet pribadi) saya numpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya,” jelas Kaesang kepada awak media di Gedung Lama milik KPK, Jakarta, Selasa (17/9/2024). 

Selain itu, Kaesang pun menjelaskan ke KPK dirinya hadir karena inisiatif bukan dipanggil karena dirinya hanya warga negara biasa dan bukan penyelenggara negara.

“Saya datangan ke KPK sebagai warga negara. Saya bukan penyelenggara negara,saya bukan pejabat,” ujar Kaesang.

   

3 dari 5 halaman

Jubir KPK Klaim Tak Ada Konflik Internal soal Klarifikasi Jet Pribadi Kaesang Pangarep

Juru bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tessa Mahardika Sugiarto menegaskan bahwa tidak ada konflik internal antara Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango dengan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan soal pengumuman hasil klarifikasi Kaesang Pangarep terkait polemik penggunaan jet pribadi.

Nawawi sempat menyerahkan kepada Pahala untuk mengumumkan sendiri hasil klarifikasi jet pribadi Kaesang Pangarep, tanpa ada pimpinan KPK.

 "Saya pikir tidak ada permasalahan di internal tentang siapa yang akan menyampaikan," kata Tessa di gedung KPK, Rabu (25/9/2024).

Menurutnya, apa yang disampaikan Nawawi ke Pahala hanya soal administrasi saja untuk pihak siapa yang akan menyampaikan. Pun keputusan untuk nantinya siapa yang akan mengumumkan hasil klarifikasi anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sudah dibahas di forum internal KPK.

"Karena tentunya apapun yang disampaikan itu sudah menjadi keputusan lembaga dan keputusan bersama," ucap Tessa.

"Nanti kita tunggu sama-sama pada waktunya hasil analisa dari Direktorat Gratifikasi terkait mengenai masalah pelaporan saudara KP," tutup Tessa.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menyatakan, hasil klarifikasi Ketum PSI Kaesang Pangarep soal polemik jet pribadi ke Direktorat Gratifikasi KPK belum sampai di meja kerjanya.

4 dari 5 halaman

Persilakan Pahala Umumkan Sendiri

Nawawi lantas mempersilakan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan untuk mengumumkan sendiri hasil klarifikasi Kaesang ke publik.

"Nanti Pak Pahala aja yang umumkan," kata Nawawi kepada wartawan, Selasa (24/9/2024).

"Enggak ada perintah Pahala untuk pimpinan umumkan apa yang dia kerjakan. Biarkan apa yang dikerjakan Pak Pahala dia yang umumkan sendiri saja," katanya menambahkan.

Lebih lanjut, Nawawi mengungkit bahwa sejak awal yang bicara soal rencana mengundang Kaesang untuk mengklarifikasi polemik jet pribadi hanyalah Pahala.

Karena itu, dia tak mempermasahkan Pahala menyampaikan hasil klarifikasi putra bungsu Jokowi itu tanpa pimpinan KPK.

"Kalau sejak awal dia berani ngomong yang kaya gitu, ya termasuk yang seperti ini cukup saja disampaikan," ucap ketua sementara KPK ini memungkasi.

5 dari 5 halaman

Sudah Serahkan ke Pimpinan KPK

Sebelumnya, Direktorat Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah selesai menganalisis klarifikasi anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep perihal fasilitas jet pribadi saat bepergian ke Amerika Serikat. Hasil analisis tersebut juga telah diserahkan ke pimpinan KPK.

"Sudah rampung, hari ini saya kirim ke pimpinan," kata Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring, Pahala Nainggolan saat dikonfirmasi, Selasa (24/9/2024).

Namun demikian, Pahala mengaku belum dapat memastikan kapan para pimpinan KPK akan mengumumkan hasil analisis tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini