Sukses

Raih Sukses Lagi! InJourney Gelar MotoGP Mandalika 2024 dengan Lebih dari 120 Ribu Penonton

Tercatat, ada lebih dari 120 ribu penonton yang memadati sirkuit untuk menyaksikan balapan internasional bergengsi ini.

Liputan6.com, Jakarta InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), bagian dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, sukses menyelenggarakan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit. Tercatat, ada lebih dari 120 ribu penonton yang memadati sirkuit untuk menyaksikan balapan internasional bergengsi ini.

Balapan utama Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 berlangsung pada Minggu (29/9) pukul  14.00 WIB. Jorge Martin, pembalap asal Spanyol keluar sebagai juara pertama. Peringkat kedua  dan ketiga masing-masing diraih Pedro Acosta dan Francesco Bagnaia. Presiden Republik  Indonesia, Joko Widodo juga turut menyaksikan langsung dan menyerahkan trofi juara kepada  para pemenang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. 

Jadi Katalis Pengembangan Destinasi Pariwisata

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengungkapkan bahwa  ajang ini merupakan katalis bagi pengembangan dari suatu destinasi pariwisata. Lebih dari itu,  bahwa Pertamina Grand Prix of Indonesia juga menjadi salah satu upaya untuk nation branding  yang sangat baik untuk Indonesia. 

“Pengembangan Mandalika menjadi investasi penting yang kita lakukan untuk dampak yang jangka  panjang untuk suatu daerah. Sektor pariwisata bisa menjadi engine untuk pertumbuhan ekonomi  ke depan, dengan digelarnya Pertamina Grand Prix of Indonesia ini secara konsisten, kita berharap  5 sampai 10 tahun ke depan dapat memberikan dampak yang berkelanjutan untuk pariwisata NTB  dan Indonesia,” tutur Maya. 

Diketahui bahwa Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 yang digelar 27-29 September 2024  disaksikan lebih dari 120.000 penonton. Diyakini, bahwa ajang balap motor bergengsi ini  memberikan multiplier effect yang luar biasa dengan dampak ekonomi diperkirakan mencapai  Rp4,8 triliun. Ajang ini juga ditonton lebih dari 300 juta pasang mata di seluruh dunia dengan  jumlah 119 stasiun TV dengan lebih dari 200 negara yang menyiarkan ajang balap ini.  

Libatkan 800 UMKM dan 3000 Pekerja 

Dari sisi penyelenggaraan, InJourney turut melibatkan sekitar 800 UMKM dengan melibatkan 3000 tenaga kerja. “InJourney juga fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan  melibatkan masyarakat lokal. Karena itu dalam ajang MotoGP tahun ini jumlah orang yang bekerja  di kawasan tersebut naik signifikan,” ungkap Maya.

Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 tidak hanya sekadar balapan. InJourney menggelar rangkaian acara demi memeriahkan ajang balap ini. Pada Rabu, 25 September 2024 lalu, telah  diselenggarakan Riders Parade di Kota Mataram, yang diikuti 12 pembalap. Para pembalap  internasional ini menyapa para penggemarnya di Kota Mataram, Mataram. 

Para pembalap ikut  serta pada Riders Parade seperti Marc Marquez, Jorge Martin, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Marco Bezzecchi, Pedro Acosta, Aleix Espargaro, Jack Miller, Raul Fernandez, Alex Rins, Luca Marini, serta pembalap Indonesia Mario Aji. 

Berkolaborasi dengan BRI, di kesempatan ini juga para pembalap diajak untuk ikut serta  mewujudkan Green Tourism Destination dengan melakukan penanaman 10.000 pohon di kawasan  Mandalika. Hal ini merupakan langkah kecil untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  Mandalika yang berkelanjutan. 

Tak hanya itu, untuk pertama kalinya dihadirkan Pertamina MotoGP Experience Gallery pertama di  dunia yang berada di area Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara  Barat. Museum yang diresmikan pada Sabtu (28/9) ini dibangun untuk menampilkan sejarah  panjang partisipasi Indonesia dalam ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini. Pertamina  MotoGP Experience Gallery merupakan kerja sama Pertamina dan ITDC. 

Festival 'Spirit of Indonesia'

Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 juga dilengkapi dengan Festival ‘Spirit of Indonesia’ yang  menampilkan deretan artis dan musisi papan atas seperti seperti Slank, ADA Band, Geisha, Gigi,  Ghea Youbi dan juga DJ Yasmin. Kehadiran artis dan musisi papan atas ini menjadi pelengkap  hiburan masyarakat yang hadir menyaksikan ajang ini. 

“Dengan jangkauan yang sedemikian luas, kesuksesan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 ini  menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan Indonesia sebagai The Ultimate Lifestyle  Sportstainment Destination, pada akhirnya memperkuat sport tourism Indonesia di masa yang  akan datang,” ungkap Maya. 

Maya juga menjelaskan bahwa kesuksesan ajang balap ini tak lepas dari kerjasama dan kolaborasi  yang luar biasa antar pemerintah pusat dan daerah, sinergi BUMN dan swasta, serta partisipasi  aktif dari masyarakat. 

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas  dukungan seluruh pihak dan kolaborasi yang luar biasa dalam menyukseskan ajang Pertamina  Grand Prix of Indonesia 2024 ini. InJourney berkomitmen untuk terus menghadirkan beragam  event dan attraction berkelas internasional, untuk mengembangkan destinasi pariwisata dan  menciptakan sustainable tourism di Indonesia,” tutup Maya Watono. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.