Sukses

Penyebab Bus Paspampres Tabrak Halte Transjakarta di Petamburan Jakpus

Herman menuturkan, kecelakaan tunggal itu terjadi akibat rem kendaraan yang blong. Saat itu, bus melewati jalan yang sedikit menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Bus Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengalami kecelakaan lalu lintas di Halte Bus Petamburan Jalan K.S. Tubun, Slipi, Palmerah Jakarta Pusat pada Senin (30/9/2024) sore.

 

"Bahwa benar pada hari Senin tanggal 30 September 2024 sekitar pukul 16.45 WIB telah terjadi Kecelakaan tunggal Bus Paspampres di Halte Busway Petamburan Jakarta, dimana Bus Paspampres menabrak pilar Halte Busway," kata Asintel Danpaspampres Kolonel Kavaleri Herman Taryaman kepada wartawan, Selasa, (1/10/2024).

Herman menuturkan, kecelakaan tunggal itu terjadi akibat rem kendaraan yang blong. Saat itu, bus melewati jalan yang sedikit menurun.

Kemudian, untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan di depannya, maka sopir berinisiatif memasukkan kendaraannya ke jalur Busway.

"Karena sudah tidak terkendali sehingga bus menabrak pilar Halte Busway," ucapnya.

Herman bersyukur dalam insiden kecelakaan itu tidak ada korban jiwa. Hanya saja bus mengalami rusak berat bagian depan.

Akhirnya, sekitar pukul 19.00 WIB bus dapat dievakuasi dan dibawa ke Mako Paspampres.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada nasyarakat pengguna jalan atas insiden diatas yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam berlalu lintas karena kemacetan akibat dari kecelakaan," kata Herman.

"Semoga kejadian laka lalin ini tidak menimpa kepada yang lain, serta kita harus selalu berhati-hati dalam berkendaraan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral di Media Sosial

Salah satu akun Twitter alias X @shintaagust1 mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kondisi Bus Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Terlihat, bodi depan bus ringsek akibat menabrak material bangunan. Sebagian kaca depan retak.

"Macet lamaaa di Petamburan, ternyata bus Paspampres nabrak halte @PT_Transjakarta. Udah jelas ya jalur khusus TJ malah dipake lewat sama bus non TJ, nyusahin kan 😌Ada2 saja kejadian di Senin petang 😤," tulis pemilik akun seperti dikutip, Senin (30/9/2024).

3 dari 3 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

Terkait hal ini, Kasi Laka Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Diella Kartika Artha membenarkannya. Pihak kepolisian langsung turun tangan melakukan evakuasi terhadap bus tersebut. Namun, Diella memastikan tidak ada jiwa akibat insiden tersebut.

"Sudah dalam penanganan, tidak ada korban," singkat Diella dalam keterangan tertulis, Senin malam.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.