Sukses

Usung Ketopong Putri Kesultanan Paser, Kostum Nasional Putri Pariwisata Indonesia Kalimantan Timur Curi Perhatian

Mewakili Kalimantan Timur dalam ajang Putri Pariwisata Indonesia 2024, ia mengenakan national costume yang bertema 'The Guardian of Nusantara'.

Liputan6.com, Jakarta Selalu yang menarik dari kostum nasional yang dibawakan dalam beauty pageant. Apalagi Indonesia dengan kekayaan budayanya yang berbeda di setiap daerah, selalu sukses menampilkan kostum nasional yang mencuri perhatian. Hal inilah yang juga dijumpai dari Aji Khalida Zia, Putri Pariwisata Indonesia Kalimantan Timur.

Betapa tidak, perempuan yang akrab disapa Zia tersebut sukses mencuri banyak pasang mata berkat kostum nasional yang dikenakannya. Mewakili Kalimantan Timur dalam ajang Putri Pariwisata Indonesia 2024, ia mengenakan national costume yang bertema “The Guardian of Nusantara”. Dalam event tersebut, Aji Khalida Zia berhasil masuk dalam kategori Miss Eco Tourism 2024. Penasaran seperti apa kostum yang dikenakannya?

Terinspirasi dari Tuah Himba Untung Langgong

Kostum nasional yang dikenakan Zia tersebut dibuat oleh Mulianwar. Kostum ini terinspirasi dari Tuah Untung Langgong yang berarti “Menjaga Kekayaan Hutan dan Alam”. Kostumnya tampak begitu gagah karena dilengkapi dengan perisai atau tameng yang merupakan pelindung suku Dayak dalam menjaga diri dari serangan musuh.

Perisai tersebut juga menjadi simbol membuka gerbang yang menyimpan keindahan flora endemik Kalimantan Timur, yaitu Anggrek Hitam. Menariknya, gambar Anggrek Hitam ini juga terlukis jelas pada bagian bawah dari kostum nasional yang dipakai Zia.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Aji Khalida Zia (@khalidazzia)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketopong Putri Kesultanan Paser

Tak sampai di situ, jika diperhatikan dengan saksama, di bagian hiasan kepala juga menjulang tinggi Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang begitu ikonik. Seperti diketahui, bangunan tersebut berlokasi di IKN yang berada di tanah Kalimantan Timur.

Bukan itu saja, hiasan kepala kostum nasional yang dipakai Putri Pariwisata Indonesia Kalimantan Timur ini juga dilengkapi dengan simbol budaya lokal. Di bagian kepalanya terdapat Ketopong Putri Kesultanan Paser yang begitu indah.

Kostum nasional Putri Pariwisata Indonesia Kalimantan Timur ini pun semakin indah berkat adanya lukisan burung enggang yang menjadi lambang kasih sayang dan kesetiaan masyarakat Bumi Etam Kalimantan Timur, Ibu Kota Nusantara.

Betapa menakjubkannya kostum nasional ini, karena mampu menampakkan keindahan dan keasrian alam Kalimantan Timur dalam satu balutan busana yang bikin kagum! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.