Sukses

Uya Kuya Jadi Anggota DPR, Minta di Komisi I, III, IX hingga X

Uya Kuya berkomitmen bakal memberikan dampak dan tak akan mengecewakan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepadanya sebagai anggota DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Artis Uya Kuya resmi dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029, di ruang rapat paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Uya Kuya berkomitmen bakal memberikan dampak dan tak akan mengecewakan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepadanya sebagai anggota dewan.

"Komitmennya adalah masyarakat dan rakyat yang memilih saya. Insyaallah saya akan berdampak dan memberikan jawaban buat masyarakat yang memilih saya. Tidak akan mengecewakan insyasllah itu," kata Uya, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Dia mengaku tak akan mengubah citra diri walaupun sudah menjabat anggota DPR. Uya Kuya akan tetap menjadi diri sendiri meski sudah menjadi legislator.

"Saya enggak mau jadi orang yang munafik. Sok-sok jadi berubah image DPR harus gimana ya sudah tetap jadi diri saya sendiri aja. Yang penting kan adalah bukan penampilan, bukan fisik kita di DPR tapi adalah integritas kita. Intinya itu. Tapi saya juga tidak menyalahkan masyarakat yang skeptis sama artis," ujar dia.

"Kasih kesempatan dulu buat artis-artis yang terpilih ini untuk menunjukkan kekinerjanya. Jangan-jangan artis-artis yang jadi DPR ini justru lebih berdampak dibanding yang bukan artis," sambungnya.

Saat ditanya, mau ditempatkan di komisi mana, Uya meminya agar di Komisi I atau di Komisi IX.

"Komisi saya antara I, III, IX atau X," imbuh Uya Kuya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

580 Anggota DPR Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 resmi dilantik di Gedung DPR hari ini, Selasa (1/10/2024). Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah janji sebagai anggota dewan terpilih. 

Pengucapan sumpah janji anggota DPR terpilih secara bersama-sama dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin. Sejumlah perwakilan anggota Dewan terpilih maju bersama tokoh lintas agama.

Dia mengatakan, sumpah janji mengandung tanggung jawab kepada bangsa dan negara dan menyelamatkan pancasila dan UUD 1945. Sumpah janji ini, kata dia, harus ditepati.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR, dengan sebaik baiknya dan seadil adilnya sesuai dengan peruturan undang undangan dengan berpedoman pada pancasila dan UUD tahun 1945, bahwa saya dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja dengan sungguh sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutaman kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia."

Proses pelantikan dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPR.

Sebelum pengucapan sumpah janji, rapat paripurna DPR pengucapan sumpah janji anggota DPR masa anggota 2024-2024 dipimpin oleh pimpinan DPR semntara yang terdiri dari anggota DPR termuda dan tertua.

Pimpinan rapat kemudian meminta kepada Sekjen DPR untuk membacakan petikan keputusan Presiden RI yang berisi nama-nama anggota DPR peride 2024-2024.

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini