Sukses

Jokowi Selfie Bareng Komeng Usai Pelantikan Anggota DPR, MPR, dan DPD 2024-2029

Ratusan wakil rakyat yang terdiri dari DPR, MPR dan DPD RI sudah dilantik hari ini, Selasa (1/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan wakil rakyat yang terdiri dari DPR, MPR dan DPD RI sudah dilantik hari ini, Selasa (1/10/2024). Pelantikan mereka disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di ruang rapat Paripurna Gedung Parlemen di Senayan, Jakarta.

Usai prosesi pelantikan yang berjalan selama dua jam tersebut, Jokowi dan rombongan protokolernya pamit meninggalkan ruangan. Sontak ratusan wakil rakyat terpilih yang baru saja dilantik langsung menyerbu untuk bersalaman dan berswafoto atau selfie.

Pada momen tersebut, terlihat salah satunya anggota DPD RI bernama Alfiansyah atau yang dikenal Komeng juga tersorot kamera sedang dihampiri Jokowi.

Tampak Jokowi tersenyum saat berpapasan dengan komedian yang saat ini menjadi senator asal Jawa Barat.

Sebelumnya, Komeng yang tersorot kamera juga sempat membuat pecah ruang rapat. Sosok yang sudah terkenal dari tahun 90’an tersebut mempunyai ciri khas kata uhuy setiap penampilan panggungnya.

Karenanya, tak sedikit dari anggota yang dilantik pada hari ini meneriakkan kata tersebut saat melihatnya di layar LED.

"Uhuy!," seru para anggota di ruang rapat paripurna Gedung Parlemen.

Usai teriakan uhuy tersebut, rangkaian rapat pelantikan pun kembali berjalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

152 Anggota DPD Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Sebanyak 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Pelantikan anggota DPD diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor Keputusan Presiden Nomor 115/P/2024 tentang Peresmian Keanggotaan DPD RI Periode 2024-2029, oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Rahman Hadi.

Setelah itu, seluruh senator terpilih mengucapkan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945," kata Syarifuddin yang ditirukan oleh 152 anggota DPD RI periode 2024-2029.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar mereka.

Prosesi pelantikan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah Janji Anggota DPD secara simbolis yang disaksikan Ketua MA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini