Sukses

Diserbu Usai Dilantik Jadi Senator, Komeng: Jangan Dorong-dorong, Emang Gue Mobil Mogok?

Komedian Alfiansyah alias Komeng telah resmi menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029 usai dilantik di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, hari ini, Selasa (1/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta Komedian Alfiansyah alias Komeng telah resmi menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029 usai dilantik di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, hari ini, Selasa (1/10/2024).

Sejumlah wartawan mencoba mewawancarai di tengah kepadatan masyarakat yang juga ingin mendekat dan berfoto bersama Komeng.

Kondisi yang berdesakan membuat situasi tidak kondusif. Komeng pun terdorong oleh orang-orang yang berada di dekatnya.

"Eh jangan dorong-dorong, emang gue mobil mogok," ucap Komeng dengan nada canda.

Sontak mereka yang mendengar hal itu menjadi terpingkal. Awak media pun bertanya bagaimana Langkah Komeng ke depan sebagai senator.

Menurut dia, komite yang cocok untuknya adalah Komite III DPD RI bidang Seni Budaya. "Komite III Seni Budaya," ujar Komeng.

Sementara itu, Komeng mengaku hari ini ditemani oleh keluarga untuk pelantikan. Kedua anaknya pun turut hadir. "Keluarga hadir, anak-anak saya dua," jelas Komeng.

Sebagai komedian tulen, Komeng juga menjawab serangkaian pertanyaan dengan jenaka. Seperti soal fasilitas dan rasa percaya diri saat ditanya soal pemilihan ketua DPD RI.

"Kalau laki fasilitas, kalau perempuan busilitas, saya percaya duduk (bukan percaya diri)," ucap Komeng.

Sebelumnya, suasana pelantikan anggota DPD RI yang berjalan tenang mendadak pecah lantaran kamera menyorot wajah Komeng.

Komedian yang terkenal ejak tahun 90an tersebut mempunyai ciri khas kata 'uhuy' setiap penampilan panggungnya. Karenaitu, tidak sedikit dari anggota yang dilantik pada hari ini meneriakkan kata tersebut saat kamera menyorot Komeng.

"Uhuy," seru para anggota di ruang rapat paripurna Gedung Parlemen Senayan.

Seperti ice breaking, usai teriakan tersebut rangkaian rapat kembali berjalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Selfie Bareng Komeng Usai Pelantikan

Ratusan anggota dewan yang terdiri dari DPR, MPR dan DPD RI sudah dilantik hari ini, Selasa (1/10/2024). Pelantikan mereka disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ruang rapat Paripurna Gedung Parlemen di Senayan, Jakarta.

Usai prosesi pelantikan yang berjalan selama dua jam tersebut, Jokowi dan rombongan protokolernya pamit meninggalkan ruangan. Sontak ratusan wakil rakyat terpilih yang baru saja dilantik langsung menyerbu untuk bersalaman dan berswafoto atau selfie.

Pada momen tersebut, terlihat Komeng juga tersorot kamera sedang dihampiri Jokowi. Tampak Jokowi tersenyum saat berpapasan dengan komedian yang saat ini menjadi senator asal Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

152 Anggota DPD RI Periode 2024-2029 Dilantik Hari Ini

Diketahui, sebanyak 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Pelantikan anggota DPD diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor Keputusan Presiden Nomor 115/P/2024 tentang Peresmian Keanggotaan DPD RI Periode 2024-2029, oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Rahman Hadi.

Setelah itu, seluruh senator terpilih mengucapkan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945," kata Syarifuddin yang ditirukan oleh 152 anggota DPD RI periode 2024-2029.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar mereka.

Prosesi pelantikan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah Janji Anggota DPD secara simbolis yang disaksikan Ketua MA.

 

4 dari 4 halaman

Anggota DPD Termuda dan Tertua

Berikut daftar anggota DPD termuda per 1 Oktober 2024:

1. Larasati Moriska, Daerah Pemilihan Kalimantan Utara, Usia 22 Tahun 8 Bulan 0 hari

2. Cerint Iralloza Tasya Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Usia 23 Tahun 11 Bulan 15 Hari

3. Ratu Tenny Leriva, Daerah Pemilihan Sumatera Selatan, Usia 24 Tahun 3 Bulan 21 Hari

Anggota DPD tertua per 1 Oktober 2024:

1. Ismeth Abdullah, Daerah Pemilihan Kepulauan Riau, Usia 78 Tahun 0 Bulan 2 Hari

2. Habib Hamid Abdullah, Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan, Usia 76 Tahun 1 Bulan 28 Hari

3. Almalik Pababari, Daerah Pemilihan Sulawesi Barat, Usia 75 Tahun 9 Bulan 17 Hari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.