Sukses

Anggota DPR Termuda, Annisa Mahesa Konsen soal Pendidikan hingga Hak Anak-Perempuan

Anggota DPR termuda Annisa Mahesa mengaku akan mewakili aspirasi anak muda dalam kerja-kerjanya sebagai anggota dewan.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR termuda Annisa Mahesa mengaku akan mewakili aspirasi anak muda dalam kerja-kerjanya sebagai anggota dewan. Dia mengatakan, di daerah pemilihannya, yakni Banten isu pemerataan pendidikan masih menjadi momok yang harus dibereskan.

"Yang pertama yang aku gaungkan adalah akses pendidikan yang merata, karena setiap aku turun ke daerah pemilihan (dapil) mereka banyak sekali yang menyuarakan uang kuliah tunggal (UKT) mahal. Tentunya dengan menggabungkan isu tersebut kita harus mengadakan sosialisasi," kata Annisa di Kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Perempuan kelahiran 17 Juli 2001 ini menambahkan, sebagai anggota dewan, dia juga akan mengawasi sosialisasi akses pendidikan merata yang telah dilakukan. Sebab, apa yang disosialisasi harus dipahami hingga lapisan masyarakat di lapisan tingkat terbawah.

Selain soal pendidikan, dia juga akan menghadirkan peluang lapangan pekerjaan yang inklusif. Berdasarkan suara di daerah pemilihannya, Banten, keluhan soal sulitnya mencari pekerjaan kerap didengar.

"Setiap aku turun ke dapil, generasi seangkatan aku tuh pasti bilang Kak Annisa gimana kita dapat kerja kalau di Banten itu mesti bayar dulu Rp 1 juta? Itu kan harus kita suarakan, kasian mau dapat kerja, nombok keluar modal dulu," ungkap politikus Gerindra ini.

Annisa memastikan juga akan sangat konsen terhadap keamanan digital. Dia tidak ingin, kasus seperti pertetasan oleh hacker terulang dan mengancam data pribadi warga Indonesia ke ranah kriminal.

"Sebagai generasi muda aku ingin mendorong regulasi atau kebijakan yang pada akhirnya itu memberikan perlindungan hak digital. Supaya data kita tidak bocor seperti kemarin kasus Bjorka," tegas perempuan berusia 23 tahun ini.

Terakhir, sebagai seorang perempuan, lanjut dia, perihal hak-hak perempuan dan anak akan menjadi yang terdepan dalam setiap kebijakan yang disuarakan.

"Tentu saja untuk sekarang itu dulu, tapi sebagai aktivis perempuan aku ingin menyuarakan perlindungan terhadap perempuan dan anak," tutup putri dari almarhum Politikus Senior Gerindra Desmond Mahesa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

580 Anggota DPR Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Sebanyak 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2024-2029 telah resmi dilantik. Pelantikan dan sumpah janji ditetapkan dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Sejumlah perwakilan anggota Dewan terpilih maju bersama tokoh lintas agama, kemudian Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin memandu pembacaan janji dan sumpah anggota DPR. 

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945," ujar Syarifuddin diikuti oleh 580 anggota DPR periode 2024-2029.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian sumpah janji anggota Dewan.

Proses pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPR.

Pada Pemilu 2024 hanya 8 parpol yang lolos Senayan. Jumlah anggota DPR yang dilantik lebih banyak yaitu 580 orang dibanding di periode sebelumnya 575 anggota DPR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini