Sukses

Gerindra Tugaskan Ahmad Muzani Jadi Calon Ketua MPR

Sekjen Partai Gerindra digadang-gadang bakal menjadi calon kuat Ketua MPR. Sementara posisi Ketua DPR akan menjadi jatah PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa partainya memberikan penugasan kepada Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani untuk maju menjadi calon Ketua MPR RI periode 2024-2029.

"Penugasan dari Partai Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa pak Ahmad Muzani akan maju sebagi calon Ketua MPR RI," kata Dasco saat diwawancarai usai pelantikan anggota DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Kendati demikian, penetapan jabatan pimpinan MPR RI termasuk dengan posisi Ketua belum ditetapkan hingga saat ini. Dalam prosesnya, penetapan ketua MPR RI harus ditempuh terlebih dahulu melalui rapat konsultasi pimpinan sementara MPR RI.

Adapun rapat konsultasi itu baru akan digelar pada sore ini di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Lebih lanjut, terkait dirinya apakah akan kembali menjadi pimpinan DPR RI, Dasco menyerahkan semua itu kepada Partai Gerindra. "Saya belum tahu penugasan dari partai. Tapi kalau ditugaskan, kita siap," ujarnya.

Ia pun menjelaskan, untuk menjadi pimpinan DPR RI itu mengikuti Undang-Undang (UU) yang sudah ada.

"Kalau lobi-lobi pimpinan untuk DPR harusnya kita mengikuti UU saja, dan itu nanti pimpinan DPR akan diutus oleh masing-masing partai yang mempunyai suara terbanyak satu sampai dengan enam," ucap Dasco memungkasi.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Nur Habibie

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Said PDIP Sebut Muzani Akan Jadi Ketua MPR

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyatakan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani akan terpilih menjadi Ketua MPR periode 2024-2029.

“Yang saya tahu Pak Muzani Ketua MPR. Insya Allah karena bagaimanapun Presiden terpilih punya ketua MPR itu wajar-wajar saja,” kata Said sebelum Pelantikan anggota DPR, Selasa (1/10/2024).

Sementara perwakilan dari PDIP di pimpinan MPR, Said mengaku belum mengetahuinya. “Dari PDIP belum ada surat dari DPP,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani membenarkan informasi bahwa dirinya akan kembali memimpin DPR RI untuk periode 2024-2029.

“Amin, insya allah,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Puan mengaku siap untuk kembali menjadi Ketua Parlemen dan menyebut hal itu memang sudah diputuskan partai.  “Insya Allah,” pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Ketua DPR Jatah PDIP

Dalam kesempatan lain, Ketua DPP PDIP Said Abdullah memastikan, Ketua DPR RI periode 2024-2029 yang merupakan jatah PDIP sebagai peraih kursi DPR RI terbanyak di Pileg 2024 adalah Puan Maharani.

"Insyaallah kalau dari PDI Perjuangan final calonnya tunggal Ibu Puan Maharani," kata Said Abdullah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Said menegaskan keputusan Fraksi PDIP DPR terkait Ketua DPR sudah final. “Sudah selesai, final," ujarnya.

Sementara terkait penentuan pimpinan MPR utusan Fraksi PDIP masih belum diputuskan.

"Pimpinan MPR dari PDIP masih digodok," ujarnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.