Sukses

Sah, Puan Maharani Resmi Kembali Jadi Ketua DPR 2024-2029

Kursi Wakil Ketua dari Partai Golkar adalah Adies Kadier, dari Partai Gerindra Sufmi Dasco, Partai NasDem Saan Mustofa dan PKB Cucun Syamsurizal.

Liputan6.com, Jakarta - DPR menggelar rapat paripurna beragenda pemilihan dan penetapan pimpinan DPR periode 2024-2029. Paripurna digelar usai pelantikan anggota dewan, Selasa (1/10/2024).

Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua sementara Guntur Sasono. Ia membacakan surat yang berisi keputusan Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI.

Sementara kursi Wakil Ketua dari Partai Golkar adalah Adies Kadier, dari Partai Gerindra Sufmi Dasco, Partai NasDem Saan Mustofa dan PKB Cucun Syamsurizal.

Selanjutnya ia menanyakan persetujuan anggota yang hadir di paripurna.

“Apakah dapat disetujui sebagai pimpinan DPR 2024/2029?,” tanya Guntur dan dijawab setuju. Selanjutnya palu pengesahan diketuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bocoran

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengaku sudah mendapat bocoran siapa saja yang akan menduduki kursi pimpinan DPR periode 2024-2029.

Untuk posisi ketua, ia memastikan adalah Ketua DPP Puan Maharani.

“Mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI,” kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Posisi Wakil Ketua menurut Said adalah Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Adies Kadier dari Golkar, Saan Mustofa dari NasDem dan Faisol Riza dari PKB.

“Sekelumit tentu dari Gerindfa Pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya Adies Kadir, dari Nasdem Saan Mustofa dan dari PKB mantan ketua komisi 6 adinda Riza,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Muzani Ketua MPR

Sementara itu, lanjutnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani akan menjadi Ketua MPR periode 2024-2029.

“Yang saya tahu Pak Muzani Ketua MPR. Insya Allah karena bagaimanapun Presiden terpilih punya ketua MPR itu wajar-wajar saja,” kata Said sebelum Pelantikan anggota DPR, Selasa (1/10/2024).

Untuk perwakilan dari PDIP di pimpinan MPR, Said mengaku belum mengetahuinya. “Dari PDIP belum ada surat dari DPP,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR