Sukses

Putri Zulkifli Hasan Resmi Dilantik Jadi Anggota DPR, Siap Perjuangkan Perempuan hingga UMKM

Menurutnya, UMKM memiliki peran strategis dalam menciptakan ekonomi yang inklusif dan berdaya saing.

Liputan6.com, Jakarta Putri Zulkifli Hasan resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029. Mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I. Putri berjanji akan memperjuangkan hak-hak perempuan, anak, serta pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Dengan latar belakang pendidikan di bidang bisnis dan manajemen, lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Australian National University (ANU) ini telah menunjukkan komitmen terhadap isu-isu sosial melalui berbagai inisiatif yang berfokus pada kesejahteraan perempuan dan anak. Putri Zulkifli Hasan juga merupakan pendiri Batin Group Woman & Children, yang berperan aktif dalam mempromosikan kesejahteraan masyarakat melalui layanan kesehatan dan pendidikan.

“Kesejahteraan perempuan dan anak adalah prioritas utama saya, namun saya juga melihat betapa pentingnya peran UMKM dalam perekonomian Indonesia. Saya berkomitmen untuk mendorong pengembangan UMKM, terutama yang dikelola oleh perempuan, sebagai pilar penting dalam pemberdayaan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja,” ujar Putri setelah pelantikan.

Menurutnya, UMKM memiliki peran strategis dalam menciptakan ekonomi yang inklusif dan berdaya saing. Putri juga berharap bisa berperan aktif dalam pembahasan isu-isu terkait keuangan negara dan perbankan, serta mendorong sinergi sektor swasta dan pemerintah dalam menciptakan iklim usaha yang mendukung pertumbuhan UMKM.

Selain itu, ia menekankan pentingnya memperkuat pengawasan sektor keuangan melalui lembaga seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Dorong Kebijakan Pro-Rakyat

Sebelum dilantik, Putri mengikuti program eksekutif di Harvard University, John F. Kennedy School of Government, di mana ia mendapatkan sertifikasi Strategies for Inclusive Growth dan Infrastructure in Market Economy. Program ini memperkaya wawasan Putri dalam mendukung pembangunan inklusif dan peran infrastruktur sebagai penggerak ekonomi.

“Pembelajaran dari Harvard memperdalam pemahaman saya tentang strategi pertumbuhan inklusif dan kebijakan infrastruktur yang dapat diterapkan di Indonesia. Saya percaya bahwa pengembangan sektor keuangan, perbankan, dan infrastruktur yang kuat akan menjadi fondasi penting dalam mendukung UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Putri.

Sebagai anggota DPR RI, Putri juga berkomitmen untuk mendorong kebijakan pro- rakyat, terutama dalam hal akses keuangan inklusif. Ia juga akan memperjuangkan kebijakan yang mendukung pengembangan kapasitas UMKM, khususnya yang dikelola oleh perempuan, agar dapat bersaing di pasar lokal maupun global.

“UMKMadalah tulang punggung ekonomi kita, dan peran perempuan dalam UMKM harus terus didorong agar semakin berdaya saing,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Putri Zulkifli Hasan