Sukses

Kenang Marissa Haque, Anies: Dia Sosok Seniman dan Politisi yang Menginspirasi

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya artis sekaligus politikus, Marissa Haque.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya seniman sekaligus politikus, Marissa Haque pada Rabu (2/10/2024) dini hari. Anies mengatakan Marissa Haque merupakan sosok yang menginsipirasi karena berani dan gigih dalam memperjuangkan isu-isu penting di Indonesia.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Terkejut dan berduka mendalam mendengar berpulangnya Mbak Marissa Haque dini hari tadi. Kepedulian, keberanian dan kegigihannya dalam memperjuangkan berbagai isu penting bagi bangsa selalu menjadi inspirasi," kata Anies melalui akun Instgramnya @aniesbaswedan, Rabu (2/10/2024).

Mantan calon presiden 2024 itu turut mengunggah foto dirinya saat sedang melayat ke rumah duka Marissa Haque di akun media sosialnya. Dalam postingannya, Anies menyebut almarhumah Marissa Haque merupakan seniman, politisi, serta akademisi yang cemerlang dan menginspirasi.

"Namun lebih dari itu, ia adalah seorang istri terbaik bagi Mas @IkangFawzi, dan ibunda terbaik bagi @bellafawzi_ dan @ChikiFawzi. Kepedulian dan kegigihannya diturunkan kepada putri-putrinya. Begitu banyak orang jadi saksi kebaikannya," tuturnya.

"Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa. Allaahumma laa tahrimnaa ajrahaa, wa laa taftinnaa ba’dahaa, waghfir lanaa walahaa," ucap Anies Baswedan.

 

2 dari 3 halaman

Doakan Keluarga yang Ditinggalkan

Dia mendoakan almarhumah Marissa Haque diampuni dosa-dosanya dan diberikan tempar terbaik disisi Allah SWT. Anies berharap keluarga Marissa Haque diberikan kesabaran dan kekuatan.

"Tak lupa semoga Allah memberi keikhlasan dan ketabahan pada keluarga yg ditinggalkan, serta memberi kekuatan kepada putri-putrinya untuk terus menjadi anak-anak yg shalihah yg senantiasa mendoakan ibundanya dan menjadi amal jariyah yg tak henti mengalir baginya. Aamiin yra," ucap Anies.

Sementara itu, sesuai permintaan, jenazah almarhumah akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta. "Telah berpulang ke rahmatullah ibu mariisa ibu saya. Saya mohooonnnn ibu. buku cuma mau dimakamin di tanah kusir. Caranya gimana," tulis sang anak, Chiki Fawzi.

 

3 dari 3 halaman

Artis, Politikus, dan Akademisi

Marissa Haque dikenal sebagai aktris yang tampil di film-film Indonesia sejak tahun 1980-an. Beberapa filmnya antara lain Kembang Semusim, Jejak Pengantin, Asmara di Balik Pintu, Penginapan Bu Broto, dan masih banyak lagi.

Saudari dari Soraya Haque dan Shahnaz Haque ini menikah dengan rocker Ikang Fawzi pada 1986 dan dikaruniai dua anak, Isabella Muliawati Fawzi dan Chikita Fawzi.

Ia kemudian terjun ke dunia politik dan menjadi anggota DPR pada tahun 2004 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia juga sempat bergabung di PPP dan PAN. Belakangan, ia diketahui aktif dalam bidang pendidikan sebagai dosen di Indonesia Banking School.

Video Terkini