Sukses

5 Fakta Terkait Viral Jamaludin Malik Bawa Sosok Ultraman di Hari Pelantikan sebagai Anggota DPR RI

Jamaludin Malik menjadi sorotan usai membawa sosok memakai kostum Ultraman di Hari Pelantikan Anggota DPR RI periode 2024-2029 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa 1 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pelantikan Anggota DPR RI periode 2024-2029 yang berlangsung di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa 1 Oktober 2024 tiba-tiba berubah menjadi sorotan setelah Jamaludin Malik, anggota DPR terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah II, hadir dengan penampilan tak biasa.

Bukan setelan jas formal seperti umumnya, Jamaludin Malik justru hadir dengan mengenakan kostum superhero Jepang, Ultraman. Kehadirannya dalam balutan kostum Ultraman tentu saja mengejutkan banyak orang, termasuk para tamu dan awak media yang hadir.

Sebelum acara pelantikan DPR RI 2024 resmi dimulai, Jamaludin yang berbalut kostum Ultraman sempat berpose di pelataran Gedung Nusantara II. Dengan gaya khas superhero, dia menarik perhatian semua yang hadir. Tak sedikit yang memuji keberaniannya tampil beda di acara resmi kenegaraan tersebut.

"Ultraman itu membasmi kejahatan," ujar Jamaludin saat ditanya wartawan soal alasannya mengenakan kostum tersebut, Selasa 1 Oktober 2024.

Baginya, filosofi Ultraman adalah cerminan misinya sebagai anggota DPR yang ingin memperjuangkan masyarakat kecil dan menumpas ketidakadilan.

Langkah nyentriknya ini langsung viral di media sosial. Namun, bagi Jamaludin, mengenakan kostum ini bukanlah tindakan spontan atau sekadar cari perhatian. Ini adalah bentuk pemenuhan janjinya selama kampanye.

Namun usai pelantikan, ternyata sosok di dalam kostum Ultraman itu bukanlah Jamaludin Malik yang sebenarnya. Ada seorang pemeran pengganti alias stuntman yang memang disiapkan khusus saat momen pelantikan anggota DPR hari ini.

Jamaludin sendiri diketahui merupakan caleg DPR RI fraksi Partai Golongan Karya dari Dapil Jawa Tengah II yang meliputi wilayah Demak, Kudus, dan Jepara. Kampanyenya yang dinilai unik berhasil membuat Jamaludin meraih sekitar 118.402 suara berdasarkan data KPU RI.

Berikut sederet fakta terkait anggota DPR RI Jamaludin Malik dihimpun Tim News Liputan6.com:

 

2 dari 6 halaman

1. Konsisten dengan Citra Ultraman dari Masa Kampanye

Jamaludin Malik memang sudah dikenal unik sejak masa kampanye. Dalam setiap acara dan media promosi, dirinya kerap tampil dengan citra Ultraman.

Penampilan nyentrik Jamaludin ini tak hanya menarik perhatian publik, tapi juga menunjukkan konsistensinya dalam menjaga citra yang sudah ia bangun sejak masa kampanye. Baginya, Ultraman bukan hanya sekadar kostum, tapi simbol perjuangan yang dipegang teguh.

Diketahui, aksinya yang menggunakan figur superhero ultraman ini bukan kali pertama. Pada saat kampanye dan gambar di surat suara, Jamaludin juga memasang gambar ultraman yang merepresentasikan dirinya. Hal itu dapat terlihat dalam beberapa unggahannya di Instagram.

Jamaludin mengatakan, saat kampanye di pileg, dirinya sering mengenakan kostum Ultraman.

"Waktu nyaleg kita pakai kostum Ultraman, sekarang pun begitu. Jadi enggak ninggalin," kata Jamaludin.

 

3 dari 6 halaman

2. Ternyata Pakai Stuntman

Kompleks Parlemen Senayan Jakarta dihebohkan dengan kemunculan seorang berkostum Ultraman saat momen pelantikan anggota DPR RI 2024-2029.

Saat ditanya awak media, Ultraman itu mengaku bernama Jamaludin Malik dari Fraksi Partai Golkar daerah pemilihan Jawa Tengah II.

"Untuk membasmi kejahatan," kata dia saat ditanya alasannya menggunakan kostum Ultraman kepada awak media, Selasa 1 Oktober 2024.

Dia pun sempat mengaku siap melepas kostum jika tak boleh digunakan saat momen pelantikan.

Namun usai pelantikan, ternyata sosok di dalam kostum Ultraman itu bukanlah Jamaludin Malik yang sebenarnya. Ada seorang pemeran pengganti alias stuntman yang memang disiapkan khusus saat momen pelantikan anggota DPR hari ini.

Keduanya pun lalu terlihat berfoto bersebelahan. Sebagai informasi, Jamaludin tetap berpenampilan seperti anggota lain dengan kostum resmi kemeja, jas dan dasi.

Diketahui, aksinya yang menggunakan figur superhero ultraman ini bukan kali pertama. Pada saat kampanye dan gambar di surat suara, Jamaludin Malik juga memasang gambar ultraman yang merepresentasikan dirinya. Hal itu dapat terlihat di akun sosial media instagram pribadinya @jmforindonesia.

 

4 dari 6 halaman

3. Alasan Pakai Kostum Ultraman, Penuhi Janji

Jamaludin sengaja menggunakan kostum Ultraman karena menjadi ciri khasnya yang telah dibangun selama masa kampanye.

Beberapa warganet mengungkap alasan Jamaludin bersikeras mengenakan kostum Ultaraman di hari pelantikannya, yaitu karena sudah berjanji saat masa kampanye.

"Sesuai janji kemaren, kalo jadi dpr, saat pelantikan ultramen diajak 😂,” ungkap seorang warganet dalam unggahan di akun Instagram Jamaludin, @jmforindonesia. Jamaludin sempat bergaya dan berpose saat menggunakan kostum itu di pelataran Gedung Nusantara II, Jakarta.

Dia menjelaskan, alasan dirinya mengenakan kostum Ultraman karena dapat membasmi kejahatan.

"Ultraman itu membasmi kejahatan," imbuh dia.

Meski begitu, dia mengaku mengenakan kostum itu hanya sesaat sebelum acara pelantikan mulai. Setelah memasuki ruangan pelantikan, ia kembali mengenakan baju formal.

Usai pelantikan DPR, sosok Ultraman kembali terlihat. Tapi kali ini, sosok di balik kostum Ultraman itu bukanlah Jamaludin Malik yang sebenarnya, melainkan seorang pemeran pengganti alias stuntman yang disiapkan khusus saat momen pelantikan tersebut. Keduanya terlihat berfoto bersebelahan.

 

5 dari 6 halaman

4. Profil Jamaludin Malik

Melansir dari beberapa sumber Jamaludin Malik merupakan seorang politikus yang sebelumnya sudah dikenal unik. Ketika masa kampanye, Jamaludin juga sudah sering mengenakan pakaian kostum Ultraman tersebut.

Jamaludin diketahui sebagai caleg DPR RI terpilih dari Dapil Jateng II yang meliputi wilayah Demak, Kudus, dan Jepara. Kampanyenya yang dinilai unik berhasil membuat Jamaludin meraih sekitar 118.402 suara berdasarkan data KPU RI.

Berdasarkan perolehan suara tersebut, Jamaludin berhasil mengalahkan sejumlah politikus kondang mulai dari Abdul Wachid dari Gerindra, Lestari Moerdijat dari Partai Nasdem, hingga Musthofa dari PDIP.

Pria berusia 35 tahun itu merupakan fraksi Partai Golongan Karya atau Golkar dan dikenal sebagai pengusaha asal Jepara yang lahir pada tanggal 1 Mei 1989. Dia tinggal di Desa Tunggul Pandean, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara.

 

6 dari 6 halaman

5. Memiliki Kekayaan Hingga Rp3,9 Miliar

Mengutip dari situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Jamaludin Malik mempunyai total kekayaan sebanyak Rp3.876.000.000 atau sekitar Rp3.9 miliar tanpa utang.

Laporan kekayaannya dilaporkan oleh Jamaludin sejak 6 Agustus 2024 sebagai calon penyelenggara atau anggota DPR RI. Diketahui dari kekayaannya tersebut, dia memiliki sekitar tujuh harta yang berupa tanah dan bangunan.

Harta tersebut tersebar di Kota Jepara dan Kudus dengan total sekitar Rp2 miliar dan sebuah tanah serta bangunan seluas 500 m2 di Jepara dengan harga Rp1 miliar yang didapatkan dari warisan dan sisa hartanya yang lain merupakan hasilnya sendiri.

Jamaludin juga tercatat mempunyai alat transportasi dan mesin yang terdiri dari empat kendaraan roda empat serta tiga kendaran roda dua. Jika ditotalkan transportasinya tersebut sekitar Rp 1,8 miliar.

Dia juga tidak mempunyai harga berupa harta bergerak lainnya dan memiliki harta berupa kas dan setara kas senilai Rp20 juta. Jamaludin juga tidak mencatatkan utang sehingga total harta kekayaan yang dilaporkannya senilai Rp 3.876.000.000 atau sekitar Rp3,9 miliar.