Sukses

Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian Salurkan Bantuan untuk Renovasi Posyandu Posyandu Baroena Sabang

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) terus menjalankan perannya dalam memberdayakan masyarakat, khususnya di daerah-daerah terluar dan jauh dari perkotaan.

Liputan6.com, Sabang Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) terus menjalankan perannya dalam memberdayakan masyarakat, khususnya di daerah-daerah terluar dan jauh dari perkotaan. Kali ini, Ketum TP PKK yang juga Ketum Pembina Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Tri Tito Karnavian bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Tim Pembina Posyandu Pusat, memberikan bantuan pemerintah untuk renovasi gedung Posyandu Baroena Gampong Ujung Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

"Bantuan ini bentuk pembinaan terhadap kelembagaan Posyandu dan diharapkan dapat mendukung operasional kegiatan Posyandu dalam rangka peningkatan layanan kepada masyarakat," ungkap Tri Tito Karnavian dalam sambutannya di Posyandu Baroena, Kota Sabang, Selasa (1/10/2024).

Tri mengaku merasa bahagia berada di tengah-tengah para kader PKK, kader Posyandu, dan masyarakat. Kehadiran rombongan TP PKK Pusat dan TP Posyandu Pusat di Posyandu Baroena ini, selain mempererat silaturahmi juga dalam rangka memberikan motivasi kepada para kader dan juga masyarakat. Ini terutama agar mereka senantiasa semangat dalam mendukung berbagai program pemerintah dalam upaya memberdayakan dan menyejahterakan keluarga.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu/Bapak sekalian dan seluruh masyarakat yang telah menerima kami dengan hangat dan penuh keramahan. Bagi saya, kehadiran Ibu/Bapak di sini merupakan pertanda adanya perhatian yang sungguh besar terhadap pelaksanaan Gerakan PKK," imbuh Tri.

Tri memaparkan, PKK memiliki 10 program pokok yang mencakup berbagai bidang kehidupan, mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, hingga kelestarian lingkungan. Sejalan dengan itu, peran PKK dalam memberdayakan masyarakat di Kota Sabang sangatlah penting.

"Saya melihat banyak sekali potensi yang bisa ditindaklanjuti dengan program dan kegiatan PKK, seperti program Posyandu, pembinaan ketahanan pangan, dan pelatihan keterampilan. Program-program ini telah memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga," tambah Tri.

2 dari 3 halaman

Provinsi Aceh Masih Punya Tugas Turunkan Angka Stunting

Tri berharap, program PKK dan kegiatan tidak hanya bersifat seremonial, yang hanya melibatkan para pengurus atau hanya bersifat pelengkap tanpa ada kontribusi yang berdampak. Ia mendorong para kader harus memberikan dukungan nyata, konkret, dan inovatif. Selain itu juga berorientasi pada pemberdayaan dan berdampak terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat.

"Saya memahami kondisi alam di Kota Sabang ini menjadi tantangan tersendiri bagi para kader dalam melaksanakan program programnya. Namun, hal ini seyogianya tidak menjadi hambatan dalam pelaksanaan program apabila implementasi program disesuaikan dengan kondisi alam dan budaya setempat. Di lain sisi, potensi sumber daya alam yang luar biasa ini menjadi peluang emas yang harus dimanfaatkan sebesar-besarnya," tukas Tri.

Selain itu, Tri mengungkapkan, Provinsi Aceh masih memiliki tugas menurunkan angka stunting. Jika dibandingkan dengan target prevalensi stunting secara nasional di angka 14 persen pada 2024, Sabang masih terus berupaya untuk menurunkan angka stunting yang per Agustus 2024 sebanyak 8,7 persen atau sekitar 260 anak. Kondisi ini perlu terus diintervensi hingga grafiknya bisa menurun.

"TP PKK bersama para kader perlu mendukung penuh target tersebut melalui pelaksanaan 10 Program Pokok PKK mulai dari edukasi pola hidup sehat, penguatan ketahanan pangan keluarga, pemberdayaan ekonomi keluarga sampai dengan intervensi langsung kepada sasaran," urai Tri.

Dalam kesempatan itu, TP PKK bersama TP Posyandu menyalurkan bantuan pemerintah berupa bahan pokok makanan. Ini sebagai bentuk pembinaan kepada kader PKK dan masyarakat di Provinsi Aceh khususnya Sabang.

"Saya berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat, khususnya bagi para lansia, ibu hamil, anak stunting, penyandang disabilitas, dan keluarga kurang mampu, serta menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegas Tri.

3 dari 3 halaman

Transformasi Posyandu

Di lain sisi, Tri menjelaskan, transformasi Posyandu ditandai dengan perubahan pemberian pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan ini tidak hanya pada bidang kesehatan, tapi juga bergerak untuk melayani enam bidang Standar Pelayanan Minimal (SPM). Hal itu meliputi Pendidikan; Kesehatan; Pekerjaan Umum; Perumahan Rakyat; Ketenteraman, Ketertiban Umum, Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas); dan Sosial.

Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2024 tentang Posyandu yang merupakan pedoman dalam penyelenggaraan layanan di Posyandu.

"Kepada seluruh kader PKK dan kader Posyandu, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini. Peran para kader sangat besar dalam membangun masyarakat yang sehat, sejahtera, dan berdaya saing. Saya berharap semangat ini terus dijaga dan ditingkatkan, sehingga kita bisa memberikan kontribusi yang lebih besar lagi di masa mendatang," jelas Tri Tito Karnavian.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Penjabat (Pj.) Gubernur Aceh Safrizal ZA, para pengurus TP PKK Pusat dan TP Posyandu Pusat, dan Pj. Wali Kota Sabang Andri Nourman. Selain itu, hadir pula Pj. Ketua TP PKK sekaligus Ketua Pembina Posyandu Provinsi Aceh Nana Safrizal beserta pengurus, Pj. Ketua TP PKK sekaligus Ketua Pembina Posyandu Kota Sabang Zikri Hayati beserta pengurus, jajaran Forkopimda Provinsi Aceh dan Kota Sabang, para Ketua Organisasi Wanita di Provinsi Aceh dan Kota Sabang, serta para kader PKK.

 

(*)

Video Terkini