Sukses

Gelar Silaturahmi Nasional, Bersathu Beri Edukasi Travel Haji dan Umroh

Acara ini dihadiri Wakil Menteri Agama RI Saiful Rahmat Dasuki, para pengurus dan anggota Bersathu, juga berbagai pihak lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Kebersamaan Pengusaha Travel Haji Umrah (Bersathu) menggelar silaturahmi nasional atau silatnas di The Westin, Jakarta, Rabu (2/10/2024). Mengusung tema “Memperkokoh Silaturahmi, Bersathu, Berprestasi” acara ini dihadiri Wakil Menteri Agama RI Saiful Rahmat Dasuki, para pengurus dan anggota Bersathu, juga berbagai pihak lainnya.

Pada acara ini Bersathu sekaligus melakukan pelantikan kepengurusan DPP periode 2024–2029, penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan sponsor, serta diskusi bersama mengenai pelaksanaan Haji tahun 2025 mendatang.

Pelantikan pengurus DPP Bersathu periode 2024-2029 dilakukan oleh Ketua Umum Bersathu Wawan Suhada. Dalam pelantikan ini, ia menyampaikan harapan agar pengurus yang baru dilantik dapat membawa perubahan positif.

"DPP yang baru saja dilantik tentunya menjadi semangat baru untuk kinerja kami ke depan pada berbagai program kerja yang sudah kita siapkan. Saat ini yang menjadi fokus kami yaitu advokasi dan juga edukasi. Alhamdulillah saat ini ada 135 anggota kami hampir sekitar 60% sudah sebagai PPU Penyelenggara Ibadah Umroh dan insya Allah mereka akan terus kita upgrade untuk menjadi PHK yaitu Penyelenggara Ibadah Haji Khusus. Kemudian apabila anggota kami ada yang melanggar hukum pastinya akan mendapatkan atau berhadapan dengan sanksi-sanksi yang sesuai dengan undang-undang tersebut dan tidak segan-segan kami keluarkan dari keanggotaan. Termasuk mengenai penggunaan kuota selain haji ketika musim haji dan dilarang pemerintah. Kami berkomitmen untuk menegakkan aturan,” ujar Wawan Suhada.

Acara silaturahmi nasional ini menjadi bukti nyata bahwa Bersathu berusaha memberikan banyak kelebihan bagi para travel umroh dan haji yang menjadi anggotanya. Hal ini disampaikan oleh Rizky Sembada selaku Sekretaris Jenderal Bersathu.

“Silatnas ini tujuannya InsyaAllah memberikan edukasi penting kepada masyarakat dan seluruh penyelenggara travel haji dan umroh, bahwa pada prinsipnya harus ada organisasi yang menaungi mereka. Tentu para pengusaha ini layak mendapatkan pelayanan yang terbaik dari dari sebuah asosiasi," ungkap Rizky.

2 dari 2 halaman

Umroh dan Haji Menjadi Industri

Saat ini umroh dan haji sudah menjadi sebuah industri. Ketua Harian Bersathu H. Mohammad Faried Al Jawi mengatakan Indonesia menjadi negara terbesar yang melakukan umroh dan haji tahun 2024 sebanyak 1,4 juta orang menjalani umroh dan 241.000 orang menjalani ibadah haji.

Acara Silaturahmi Nasional ini bukan hanya sekadar pertemuan, tetapi juga merupakan platform untuk memperkuat kerjasama dengan berbagai stakeholder mulai dari pemerintah, anggota dan media, tempat berbagi pengetahuan, dan membangun fondasi yang kokoh untuk medukung pemerintah dalam mewujudkan pelaksanaan dan memberikan pelayanan ibadah haji dan umroh yang lebih baik di masa depan.

Selain Silaturahmi Nasional dan Pelantikan DPP, Bersathu juga menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan tvOne. "tvOne berkolaborasi dengan Bersathu untuk memberikan informasi-informasi terkini seputar haji, juga memberikan edukasi ke pada masyarakat,” Kata Maria Goretti Limi, selaku Direktur Bisnis, Marketing/Sales & Programming tvOne.