Sukses

Jokowi Sebut Harga Sembako di Pasar Rakyat LIPA Kalabahi NTT Lebih Mahal Dibanding di Jawa

Beberapa komoditas yang diperiksa Jokowi antara lain, bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Pasar Rakyat LIPA Kalabahi, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (3/10/2024). Jokowi memantau langsung kondisi pasar dan harga sembilan bahan pokok (sembako).

Menurut dia, harga sembako di Pasar Rakyat memang lebih mahal dibandingkan di Pulau Jawa. Namun, Jokowi menyebut harga sembako di pasar tersebut cenderung stabil.

"Tadi di pasar saya cek harga, utamanya yang berkaitan dengan sembilan bahan pokok. Harganya baik, meskipun lebih tinggi dari di Jawa karena mungkin ada tambahan biaya transportasi. Namun, saya kira masih pada posisi stabil, wajar," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (3/10/2024).

Beberapa komoditas yang diperiksa Jokowi antara lain, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Dia menjelaskan bahwa harga bawang putih di pasar tersebut mencapai Rp55 ribu per kilogram, bawang merah Rp50 ribu, dan cabai Rp50 ribu.

"Saya kira ini masih baik," ucapnya.

Selain memantau harga, Jokowi juga menyempatkan diri berbincang dengan para pedagang terkait kondisi usaha mereka serta kendala yang dihadapi. Khususnya, terkait logistik dan transportasi.

Tidak hanya para pedagang, masyarakat turut antusias menyambut kehadiran Jokowi di pasar. Mereka berharap agar pemerintah terus memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah timur Indonesia.

"Senang sekali, dari 2 periode hanya 1 kali datang tapi merasa bangga sekali karena infrastrukturnya sangat merata di seluruh Indonesia. Pak Jokowi sehat selalu, panjang umur," tutur Ismail salah seorang warga yang ada di pasar.

2 dari 2 halaman

Kunker Hari Ketiga, Jokowi Akan Tinjau Pasar dan Sekolah di Kabupaten Alor NTT

Presiden Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerja (kunker) hari ketiga di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan berkunjung ke Kabupaten Alor, Kamis (3/10/2024). Dia diagendakan meninjau harga bahan pokok di pasar dan fasilitas pendidikan di sekolah.

Jokowi bertolak dari Bandara Lede Kalumbang, Kabupaten Sumba Barat Daya, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 sekitar pukul 08.00 WITA. Setibanya di Bandar Udara Mali, Kabupaten Alor, Jokowi akan langsung menuju Pasar Rakyat LIPA Kalabahi.

Di sana, dia direncanakan meninjau harga dan ketersediaan sejumlah bahan pokok. Setelahnya, Jokowi akan berkunjung ke SMK Negeri 1 Kalabahi untuk meninjau fasilitas pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

"Usai peninjauan, Presiden Jokowi dan rombongan akan kembali ke Jakarta," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa masyarakat di Pasar Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (2/10/2024). Jokowi meminta maaf kepada masyarakat apabila selama 10 tahun menjabat sebagai presiden ada kesalahan dan kebijakan yang kurang berkenan.

"Saya adalah manusia biasa yang penuh dengan kesalahan, yang penuh dengan kekurangan, yang penuh dengan kekhilafan," kata Jokowi di hadapan masyarakat sambil menggunakan megaphone saat mengunjungi Pasar Kefamenanu, Rabu.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan, atas segala kebijakan yang mungkin kurang berkenan di hati bapak/ibu sekalian," sambungnya.

Â