Sukses

Bus Damri Bandara Soetta-Sawangan Depok Segera Mengaspal

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Zamrowi mengatakan, akan melakukan sosialisasi terkait beroperasinya Bus Damri jurusan Bandara Soetta – Sawangan.

Liputan6.com, Jakarta - Bus Damri akan melayani warga Sawangan dan sekitarnya yang ingin bepergian menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Rencananya, Bus Damri dengan trayek Bandara Soetta-Sawangan Depok akan segera mengaspal.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Zamrowi mengatakan, akan melakukan sosialisasi terkait beroperasinya Bus Damri jurusan Bandara Soetta – Sawangan.

Menurutnya, sosialisasi penting dilakukan untuk memberikan kemudahan masyarakat, mendapatkan informasi tentang rute, tarif, dan jadwal bus yang akan beroperasi.

“Bus ini akan segera diluncurkan secara resmi pada awal Oktober mendatang dan diawali dengan pengoperasian 5 bus,” ujar Zamrowi, Rabu (3/10/2024).

Rencananya, penumpang bus Damri akan dikenakan tarif percobaan Rp50 ribu per penumpang dengan mendapatkan subsidi dari Damri. Tarif tersebut dapat dijangkau warga Depok yang ingin berpergian menggunakan bus Damri ke Bandara Soetta.

“Bus Damri akan berangkat Terminal Sawangan dan SPBU BP/ Khalifa, sejak pukul 05.00 hingga 19.00 WIB,” ucap Zamrowi.

Untuk jadwal keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta, bus akan beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Nantinya jadwal keberangkatan akan dilakukan setiap satu jam sekali.

“Keberadaan layanan ini diharapkan dapat mempermudah mobilitas warga Depok yang ingin bepergian ke bandara,” jelas Zamrowi.

2 dari 3 halaman

Kajian

Dishub Kota Depok telah melakukan kajian mendalam mengenai perencanaan dan pengembangan layanan, fokus pada segmen pengguna kelas menengah ke atas. Hasil kajian menunjukkan warga di wilayah barat Depok membutuhkan layanan transportasi yang nyaman dan aman.

“Dishub memastikan tersedianya fasilitas pendukung, seperti area parkir yang aman dan memadai, dan mengurangi kepadatan di Terminal Depok dengan membagi pola pergerakan warga,” terang Zamrowi.

Rute terbaru Sawangan – Bandara Soetta akan memudahkan akses masyarakat dan tidak berpusat pada satu lokasi. Dishub Kota Depok mengakui, meskipun proses penyelesaian jalur transportasi ini tidak mudah, namun adanya perencanaan yang matang dan sosialisasi yang baik, layanan tersebut akan berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat besar warga, khususnya di wilayah barat Depok.

“Kami yakin layanan ini akan membawa dampak positif bagi warga Depok, terutama dalam menyediakan transportasi yang lebih baik dan terjangkau,” tutur Zamrowi.

3 dari 3 halaman

Sambut Baik

Sementara, salah seorang warga Pasir Putih, Faisal menyambut baik adanya Damri rute Sawangan-Bandara Soetta. Keberadaan rute tersebut di nilainya akan memudahkannya bepergian dari tempat tinggalnya menuju Bandara Soetta.

“Ya ini memudahkan kami yang kerap bepergian menggunakan pesawat, jadi tidak perlu repot harus ke Terminal Depok dengan menembus kemacetan Jalan Raya Sawangan,” ujar Faisal.

Faisal mengungkapkan, saat ini pelayanan bus dari Depok menuju Bandara Soetta hanya berada di Terminal Depok. Rencana keberadaan bus Damri dari Terminal Terpadu Sawangan, akan memudahkan warga dan kedepannya harga dapat lebih rendah dibandingkan bus yang dikelola swasta.

“Selain itu, jadwal keberangkatan dapat disesuaikan dengan keberangkatan pesawat di bandara Soetta,” pungkas Faisal.