Sukses

Perayaan HUT ke-79 TNI di Monas, Warga Diperbolehkan Naik Alutsista saat Defile

Hariyanto menambahkan, Pelaksanaan kegiatan diawali oleh upacara parade, kemudian demonstrasi, dan dilanjutkan dengan defile. Setelah itu, akan ada pesta hiburan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar gladi bersih menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 yang jatuh pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Kegiatan persiapan ini berlangsung digelar di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto, menjelaskan bahwa tema HUT kali ini adalah "TNI Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju". Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai inspektur upacara dalam perayaan tersebut.

"Kegiatan ini tidak hanya melibatkan TNI, tetapi juga tiga matra, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU," ujar Hariyanto kepada wartawan di Monas, Kamis (3/10/2024).

Ia menambahkan, Pelaksanaan kegiatan diawali oleh upacara parade, kemudian demonstrasi, dan dilanjutkan dengan defile. Setelah itu, akan ada pesta hiburan rakyat. Mungkin satu hari penuh kita melaksanakan kegiatan.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto turut mengajak masyarakat untuk menyaksikan perayaan ini, baik secara langsung maupun melalui siaran televisi. Ia juga meminta doa agar acara HUT ke-79 TNI berlangsung lancar.

"Yang jelas, TNI tidak berdiri sendiri. TNI bersama masyarakat. Ini adalah pesta TNI dan masyarakat," kata Hariyanto.

"Demo, tank, masyarakat ikut bersama-sama, dadah-dadah. Masyarakat semua boleh masuk." lanjutnya

2 dari 2 halaman

Disediakan Makanan Gratis dan Pembagian Sembako

Saat pemeriksaan pasukan nanti, masyarakat diperbolehkan mendekat dan berinteraksi. "Di sebelah kanan, masyarakat boleh mendekat, dadah-dadah dengan Presiden. Semua keliling di sini adalah masyarakat," sambungnya.

Tak hanya bisa menyaksikan perayaan HUT TNI, masyarakat juga akan disediakan makanan gratis dan pembagian sembako.

Jenderal Hariyanto memastikan bahwa masyarakat akan dapat lebih dekat dengan TNI sepanjang perayaan, yang berlangsung dari pagi hingga malam.

"Masyarakat boleh menumpang alutsista, nanti bisa lewat di depan mimbar upacara, di situ ada Presiden dan defile. Silakan, kita bersama rakyat, berjuang dengan rakyat, untuk kepentingan rakyat," tutupnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Video Terkini