Sukses

KNPI Jakarta Yakin Abchandra Supratman Bisa Amanah Jalankan Pimpinan MPR RI

Ketua DPD KNPI Jakarta Ronny Bara Pratama mengucapkan selamat atas terpilihnya Sekretaris DPD KNPI Jakarta Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang terpilih menjadi pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia atau Ketua DPD KNPI Jakarta Ronny Bara Pratama mengucapkan selamat atas terpilihnya Sekretaris DPD KNPI Jakarta Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang terpilih menjadi pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI.

Ronny berharap, terpilihnya Akbar Supratman sebagai pimpinan MPR dari unsur DPD RI dapat menjadi inspirasi generasi muda Indonesia memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

"Selamat atas terpilihnya Muhammad Akbar Supratman sebagai pimpinan MPR RI. Semoga menjadi inspirasi anak muda Indonesia," ujar Ronny Bara, melalui keterangan tertulis, Kamis (3/10/2024).

Dia mengatakan, amanah yang mengemban Akbar dapat dijalankan dengan baik sehingga dapat menjembatani kepentingan rakyat. Selain itu, kata Ronny, dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"MPR merupakan lembaga tinggi negara, semoga amanah yang sedang dijalankan Akbar Supratman dapat terlaksana dan menjaga kesatuan persatuan bangsa," tandas dia.

Diketahui Anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tengah (Sulteng) Abcandra Muhammad Akbar Supratman mewakili kelompok DPD RI untuk menjadi Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029.

Keputusan tersebut ditetapkan oleh Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung usai pemungutan dan penghitungan suara putaran kedua dilakukan dalam rapat yang dihadiri 143 anggota, dan dimulai sejak Rabu (2/10) malam.

Sebelumnya, dalam putaran pertama, Abchandra Supratman meraih 45 suara, dan diikuti oleh Fadel Muhammad (dapil Gorontalo) dengan 38 suara, Daud Yordan (dapil Kalimantan Barat) 29 suara, Agustin Teras Narang (dapil Kalimantan Tengah) 17 suara, Ahmad Nawardi (dapil Jawa Timur) 13 suara, dan Maya Rumantir (dapil Sulawesi Utara) satu suara.

Akbar akan mendampingi Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani, yang telah disepakati sebagai Ketua MPR RI dalam Rapat Pimpinan Gabungan Sementara MPR RI pada Rabu malam 2 Oktober 2024.

 

2 dari 3 halaman

Pimpinan MPR 2024-2029 Resmi Dilantik, Ada Rusdi Kirana hingga Ibas

Sebelumnya, Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029 resmi dilantik. Pimpinan MPR baru mengucapkan sumpah janji jabatan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Sidang paripurna pelantikan dan penetapan pimpinan MPR RI telah digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Sembilan pimpinan MPR baru telah ditetapkan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani terpilih sebagai Ketua MPR periode 2024-2029.

Sementara, kursi Wakil Ketua MPR terdiri dari Bambang Wuryanto dari (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Kahar Muzakir dari Partai Golkar, Rusdi Kirana dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lestari Moerdijat dari Partai Nasdem, Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Eddy Soeparno dari Partai Amanat Nasional (PAN), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dari Partai Demokrat, dan Abchandra Supratman.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai ketua MPR/ wakil ketua MPR, dengan sebaik baiknya dan seadil-adilnya, bahwa saya akan memegang teguh pancasila dan menegakkan UUD RI tahun 1945, serta peraturan perundang-undangan. Bahwa saya, akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia."

 

3 dari 3 halaman

Ahmad Muzani Disepakati Jadi Ketua MPR

Sebelumnya pimpinan MPR baru telah ditetapkan.

"Apakah hasil rapat gabungan terkait pimpinan MPR periode 2024-2029 dapat disetujui?," tanya Pimpinan sementara Guntur Sasono.

"Setuju," jawab anggota Dewan.

"Alhamdulillah," Guntur mengetuk Palu.

Sebelumnya, rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi kelompok DPD dan fraksi MPR, telah menyepakati Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR Periode 2024-2029.

"Secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah Calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya Bapak H. Ahmad Muzani," kata Ketua Fraksi PDIP di MPR RI Ahmad Basarah usai rapat gabungan pimpinan MPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Diketahui, 732 anggota MPR RI periode 2024-2029 telah resmi dilantik. Pengambilan sumpah janji digelar dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2024.

Anggota MPR RI yang dilantik terdiri dari 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden oleh Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Siti Fauziah.

Kemudian, seluruh anggota MPR RI mengucapkan sumpah janji jabatan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.