Sukses

Viral Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai, Ini Penjelasan KAI Commuter

Kepadatan penumpang terjadi di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2024). Peristiwa itu sempat diabadikan oleh penumpang dan videonya diunggah ke media sosial, Instagram.

Liputan6.com, Jakarta Kepadatan penumpang terjadi di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2024). Peristiwa itu sempat diabadikan oleh penumpang dan videonya diunggah ke media sosial, Instagram.

Masyarakat saling berdesak-desakan untuk menuju ke peron 1, Stasiun Manggarai. Petugas sekuriti sampai turun tangan menertibkan penumpang. Bahkan, tak sedikit penumpang yang terjepit hingga harus dievakuasi ke tempat aman.

Penumpukan penumpang dibenarkan VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus. Dia mengakui terjadi lonjakan penumpang pada pukul 09:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB.

"Ya sempat terjadi kepadatan pengguna Commuter Line," kata Joni saat dihubungi, Sabtu (5/10/2024).

Joni menyebut sebagian besar penumpang hendak menyaksikan Upacara HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

"Betul, antusiasme masyarakat terkait puncak acara HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monas," ucap Joni.

Kini, kata Joni, situasi telah berangsur kondusif. "Penumpang mulai terurai," ucap dia.

Joni mengatakan, KAI Commuter telah melakukan berbagai langkah guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

Selain melakukan penambahan personel pengamanan di area stasiun, KAI Commuter juga melakukan pengaturan pola operasi perjalanan Commuter Line mengikuti situasi di lintas.

"Untuk tetap dapat melayani pengguna dengan aman dan nyaman, KAI Commuter melakukan penambahan 4 perjalanan Commuter Line tambahan untuk relasi Manggarai-Jakarta Kota PP, sebagai antisipasi untuk mengurangi kepadatan di Stasiun Manggarai," ujar Joni.

Di stasiun transit tersebut, pengelola Commuter Line juga menambah jumlah personel pengamanan dari internal dan unsur TNI untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna.

"Selain itu, petugas di Stasiun Manggarai juga akan melakukan penyekatan di hall stasiun untuk pembatasan kepadatan di peron Stasiun Manggarai. Ini harus dilakukan untuk keamanan dan keselamatan pengguna Commuter Line," Joni menambahkan.

2 dari 2 halaman

Puluhan Petugas Pengamanan Diterjunkan di Stasiun Dekat Kegiatan HUT TNI

Di Stasiun Manggarai itu sendiri, KAI Commuter menyiagakan 49 personel petugas pengamanan. Begitu juga di stasiun-stasiun yang dekat dengan kegiatan HUT TNI di Monas, seperti Stasiun Juanda dan Stasiun Gondangdia.

Dia mengatakan, KAI Commuter juga melakukan penambahan petugas pengamanan dan pelayanan, menyiagakan 30 personel pengamanan di Stasiun Juanda dan 23 personel di Stasiun Gondangdia.

Di samping itu, KAI Commuter juga akan membuka loket portabel untuk antisipasi layanan pada pembelian tiket.

Untuk keamanan dan kenyamanan, KAI Commuter akan memberlakukan sistem buka tutup antrean pengguna yang akan masuk ke area peron stasiun jika keadaan sudah ramai.

Selain itu, pengelola juga akan menyiagakan petugas-petugas pelayanan untuk membantu pelayanan di stasiun-stasiun tersebut.

Dari pantauan di lapangan, KAI Commuter mencatat peningkatan yang cukup signifikan pada jumlah pengguna yang turun di Stasiun Gondangdia dan Stasiun Juanda pada pagi hari ini hingga pukul 13.00 WIB.

Dalam rentang waktu itu, volume pengguna yang transit di Stasiun Manggarai sebanyak 88.158 orang. Sedangkan pengguna yang turun di Stasiun Juanda menyentuh angka 63.682 orang dan di Stasiun Gondangdia sebanyak 28.464 orang.

KAI Commuter juga memohon maaf atas jika terjadi kekurangan pelayanan kepada penggunanya di Stasiun Manggarai yang terus meningkat hingga siang siang ini. KAI Commuter juga mengimbau masyarakat dan para pengguna untuk selalu menjaga ketertiban dan keselamatan bersama.