Sukses

Prabowo Puji Jokowi: Beliau Pemimpin yang Bisa Ambil Keputusan Berani

Prabowo menyinggung sejumlah kebijakan Jokowi yang sempat memicu perdebatan, namun akhirnya tetap diambil, seperti soal hilirisasi industri hingga sejumlah proyek ambisius kereta cepat Jakarta-Bandung, Whoosh.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Terpilih Prabowo Subianto kembali menyampaikan pandangannya tentang kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober 2024.

Prabowo menilai, Jokowi merupakan sosok yang mampu mengambil keputusan secara tegas dan berani, meski seringkali menghadapi berbagai tantangan.

"Saya jenderal yang sering terlibat pertempuran. Saya melihat pemimpin yang bisa ambil keputusan dan pemimpin yang tidak bisa ambil keputusan," tutur Prabowo seperti dikutip dalam akun Instagram @benpro.tv, Minggu (6/10/2024).

Prabowo sempat menyinggung beberapa kebijakan Jokowi yang sempat memicu perdebatan, namun pada akhirnya tetap dijalankan. Seperti soal hilirisasi industri yang dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap pengelolaan sumber daya oleh pihak asing.

Misalnya melalui PT Inalum, pemerintah Indonesia berhasil meningkatkan kepemilikan saham di PT Freeport Indonesia menjadi 51,32 persen, setelah sebelumnya hanya 9,32 persen.

Selain itu, pembangunan infrastruktur juga diasbutnya menjadi pencapaian di era pemerintahan Jokowi. Sejumlah proyek seperti jalan tol, MRT, LRT, hingga kereta cepat Whoosh berhasil diwujudkan meski sempat menghadapi berbagai hambatan dan kritik. Proyek kereta cepat itu kemudian menjadi simbol visi aksi Jokowi.

“Beliau (Jokowi) adalah pemimpin yang bisa ambil keputusan dan keputusannya berani,” kata Prabowo.

 

2 dari 2 halaman

Tuai Beragam Respons Netizen

Kolom komentar dalam postingan pujian Prabowo terhadap Jokowi itu pun ramai tanggapan netizen. Tak sedikit yang mengapresiasi kepemimpinan Jokowi, namun ada juga yang memberikan kritik soal penegakan hukum di Indonesia.

“Sekarang Indonesia banyak kemajuan,” tulis akun @yeni.febrianti97.

"Selama hukum masih tumpul, jangan harap Indonesia bisa maju," kata akun @suzzarwoko.