Sukses

Gempa Hari Ini Minggu 6 Oktober 2024 Guncang Bogor hingga Jayapura Papua

Hingga pukul 23.00 WIB, tercatat ada tiga kali gempa yang menggetarkan wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Indonesia pada hari ini, Minggu (6/10/2024). Hingga pukul 23.00 WIB, tercatat ada tiga kali gempa yang menggetarkan sejumlah daerah di Indonesia.

Gempa pertama terjadi pada pukul 02:40:48 WIB dini hari tadi. Gempa dengan kekuatan magnitudo 2,5 itu berpusat di

dangkal dua kali terjadi di wilayah Provinsi Jawa Barat pada dini hari tadi. Gempa pertama dengan kekuatan magnitudo 2,5 terjadi di wilayah Kota Bogor pada darat 7 km tenggara Kota Bogor atau pada koordinat 6.65 LS 106.83 BT.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lindu tersebut termasuk gempa dangkal dengan kedalaman 5 km. Adapun gempa  dapat dirasakan dalam skala II MMI di wilayah Bogor.

Sekitar empat menit berselang, gempa dangkal kembali terjadi di wilayah Jawa Barat. Gempa kedua ini berpusat di darat 16 km barat laut Kabupaten Garut atau pada koordinat 7.18 LS 107.75 BT.

Gempa dengan kekuatan magnitudo 2,7 ini terjadi pada pukul 02:44:39 WIB. Getaran gempa dengan kedalaman 8 km itu dapat dirasakan dalam skala II MMI di wilayah Majalaya dan Bandung.

Sementara gempa ketiga terjadi di wilayah Jayapura, Papua. Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,2 itu terjadi pada pukul 18:31:22 WIB.

Gempa ketiga ini berpusat di laut 23 km barat laut Kabupaten Jayapura. Meski begitu, BMKG memastikan bahwa gempa dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami. 

2 dari 2 halaman

Gempa Ketiga

Gempa ini dapat dirasakan dengan skala III MMI masing-masing di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. 

Adapun skala II MMI adalah getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III MMI adalah getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. 

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan resmi terkait dampak yang ditimbulkan dari dua gempa dangkal yang terjadi di wilayah Jawa Barat tersebut.

 

Baca Juga: Cara Antisipasi Diri Hadapi Bencana Gempa Bumi

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence